Find Us On Social Media :

Profil Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:05 WIB

Inilah profil Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Inilah profil Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Akan mendampingi Prabowo Subianto selama lima tahun.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Mendampingi Prabowo Subianto sang Presiden, Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia pada Minggu (20/10). Keduanya juga telah mengucapkan sumpah sebagai orang nomor 1 dan 2 di republik Indonesia.

Inilah profil singkat Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung mantan presiden Joko Widodo. Selama lima tahun ke depan, Gibran akan mendampingi Prabowo Subianto sebagai Presiden RI memimpin dan membawa Indonesia menjadi semakin baik dan mencapai target pertumbuhan ekonomi mencapai delapan persen.

Gibran menjadi wakil presiden termuda sepanjang sejarah Indonesia. Ketika dilantik, ayah Jan Ethes itu masih berusia 37 tahun. Sebelumnya, Gibran juga merupakan Walikota Solo termuda sepanjang sejarah kota tersebut.

Gibran lahir pada 1 Oktober 1987. Setelah lulus dari SMP Negeri 1 Surakarta, Gibran melanjutkan pendidikan di Orchid Park Secondary School Singapura, lalu ke Development Institute of Singapore dan lulus pada 2007. Setelah itu kuliah di Program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, dan lulus 2010.

Gibran pertama kali terjun dalam perpolitikan Tanah Air sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P). Saat itu, dia memang berniat maju sebagai calon Walikota Solo. Dia pun menyerahkan berkas kartu tanda anggota (KTA) ke DPC PDI-P Kota Surakarta, sekaligus menanyakan pendaftaran calon walikota Solo dari PDI-P pada 23 September 2019.

Setelah melalui proses panjang karena ada mekanisme internal dalam PDI-P, Gibran akhirnya mendapatkan rekomendasi dari partai untuk maju sebagai calon Walikota Solo. Gibran pun dipasangkan dengan Teguh pada Pilkada Solo 2020.

Pasangan ini diusung oleh PDI-P, Golkar, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem, Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).