Find Us On Social Media :

Apa Saja Tantangan yang Dihadapi dalam Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global, serta Bagaimana Menghadapi Tantangan Tersebut?

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 13 September 2024 | 09:23 WIB

Inilah artikel tentang apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut. Semoga bermanfaat.

Inilah artikel tentang apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut. Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Eksistensi Pancasila sebagia dasar negara Indonesia tidak selalu berjalan mulus. Ada saja tantangan yang harus dihadapi, terutama di kehidupan global ini.

Lalu apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut?

Mengutip Bobo.ID, Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang digali dari nilai dan tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Pancasila bukan sekedar dihafalkan, tapi nilai-nilai Pancasila juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap sila dalam Pancasila saling berkaitan satu sama lain sehingga kelimanya harus diterapkan dalam kehidupan. Namun, kadang penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa menemui tantangan di tiap prosesnya.

Tantangan Penerapan Pancasila

Di kehidupan global seperti sekarang ini, ada banyak sekali tantangan dalam menerapkan sila dalam Pancasila. Mulai dari persaingan dengan ideologi lain hingga kurangnya pemahaman masyarakat. Berikut penjelasannya:

1. Persaingan dengan Ideologi Lain

Ideologi adalah gagasan yang disusun secara sistematis dan diyakini kebenarannya untuk diwujudkan dalam kehidupan. Sebagai informasi, ideologi ini mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.