Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Menguatkan Nilai-nilai Pancasila untuk Mengatasi dan Membendung Dampak Negatif Globalisasi?

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 31 Agustus 2024 | 10:50 WIB

Itulah artikel tentang bagaimana cara menguatkan nilai-nilai Pancasila untuk mengatasi dan membendung dampak negatif globalisasi? Semoga bermanfaat.

Artikel ini tentang bagaimana cara menguatkan nilai-nilai Pancasila untuk mengatasi dan membendung dampak negatif globalisasi? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Pancasila adalah pedoman hidup masyarakat dan bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya diharapkan bisa digunakan dalam menghadapi globalisasi yang merasuk ke berbagai sendi kehidupan.

Lalu bagaimana cara menguatkan nilai-nilai Pancasila untuk mengatasi dan membendung dampak negatif globalisasi?

Pertama-tama kita harus berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu globalisasi dan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dunia. Mengutip Kompas.com, globalisasi merupakan istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga kita.

Ada banyak dampak globalisasi, baik yang sifatnya buruk maupun baik. Globalisasi adalah kata yang diserap dari frasa "global" yang artinya meliputi seluruh dunia atau secara keseluruhan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Menurut Jan Aart Scholte, globalisasi adalah proses meningkatnya interdependensi antara aktor negara dan non-negara pada skala global, sehingga hubungan sosial dalam suatu masyarakat secara signifikan dibentuk dan dipengaruhi dimensi hubungan sosial yang lebih luas pada skala dunia.

Proses globalisasi sebenarnya sudah terjadi sangat lama sekali, terutama sejak abad ke-15 Masehi saat bangsa Eropa melakukan penjelajahan besar-besaran dengan berlayar mengarungi samudera. Mereka kemudian bertemu bangsa lain dan melakukan penaklukan di wilayah yang mereka singgahi.

Semboyan gold, glory, dan gospel merupakan salah satu bentuk globalisasi.

Di era sekarang, proses globalisasi rasanya tidak bisa dibendung atau bahkan semakin cepat penyebarannya. Ini karena kemajuan teknologi hampir di semua bidang mendukung hal tersebut. Contoh kecil globalisasi adalah seperti terkoneksinya jaringan internet yang bisa menghubungkan orang dari dua kota berbeda hingga dari dua benua berbeda.