Find Us On Social Media :

Apa Tujuan dari Pembelajaran Sosial Emosional di Sekolah untuk Siswa?

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 30 Agustus 2024 | 10:36 WIB

Artikel ini tentang apa tujuan dari pembelajaran sosial emosional di sekolah untuk mereka? Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Artikel ini tentang apa tujuan dari pembelajaran sosial emosional di sekolah untuk mereka? Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Tak hanya pendidikan akademik, siswa juga memerlukan pendidikan sosial dan pendidikan emosional dalam proses belajar mereka. Lalu apa tujuan dari pembelajaran sosial emosional di sekolah untuk mereka?

Mengutip Tribun Sumsel, Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) berkaitan dengan pemahaman diri, empati terhadap orang lain, serta kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. Implementasi PSE dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilannya dalam mengelola emosi, membangun hubungan yang sehat, menetapkan tujuan, dan mengambil keputusan dalam hidupnya.

Menurut Randi Kaseger dalam artikelnya berjudul Pentingnya Pembelajaran Sosial dan Emosional dalam Pendidikan yang tayang di Bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id, PSE merupakan komponen penting pendidikan yang sering diabaikan--walau punya dampak besar pada perkembangan anak.

Baca Juga: Mengapa Pemahaman Perbedaan Intelektual Penting dalam Konteks Pendidikan?

Meningkatnya jumlah kasus perundungan, tawuran, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pernikahan usia dini dan kehamilan di bawah usia, murid yang memiliki motivasi belajar rendah hingga putus sekolah, murid dengan gangguan emosional seperti stres, kecemasan, depresi, bahkan kasus bunuh diri pada usia remaja, menunjukkan masih lemahnya perkembangan sosial dan emosional para murid kita.

Karena itulah PSE punya peran sentral dalam proses pendidikan di Indonesia. Secara garis besar, PSE merupakan proses belajar yang berkaitan dengan pemahaman diri, empati terhadap orang lain, serta kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. Ini mencakup aspek-aspek seperti keterampilan sosial, regulasi emosi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Inilah beberapa tujuan dari pembelajaran sosial emosional di sekolah:

1. Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial PSE