Find Us On Social Media :

Bagaimana Fase-fase yang Perlu Dilakukan untuk Merancang Pembelajaran Berbasis Prinsip UbD?

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 30 Agustus 2024 | 10:12 WIB

Artikel ini tentang bagaimana fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang pembelajaran berbasis prinsip UbD? Semoga bermanfaat.

Artikel ini tentang bagaimana fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang pembelajaran berbasis prinsip UbD? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Dalam Kurikulum Merdeka, dikenal istilah prinsip Understanding by Design (UbD). Prinsip ini fokus pada tujuan pembelajaran, penggunaan asesmen untuk mengukur tercapainya tujuan, dan penentuan kegiatan pembelajaran.

Pertanyaan, bagaimana fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang pembelajaran berbasis prinsip UbD?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu prinsip Understanding by Design (UbD). Mengutip penjelasan Dhitta Puti Sarasvati Ramli1, dkk., dalam “Praktik Mengajar Understanding by Design (UbD) bagi Calon Guru Pendidikan Matematika di Universitas Sampoerna, Jakarta” yang tayang di jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 3 Juni 2023, prinsip UbD adalah sebuah kerangka yang dikembangkan McTighe dan Wiggins (2005) dalam membantu guru mendesain proses belajar-mengajar.

UbD didasari pandangan bahwa “pemahaman siswa” terhadap topik tertentu bisa diperdalam apabila proses belajar mengajar didesain dengan baik. Salah satu ciri UbD adalah bahwa proses desain suatu kegiatan pembelajaran dilakukan menggunakan desain mundur.

Baca Juga: Sebutkan Bentuk-bentuk Kegiatan Pembelajaran Sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 Ayat 1 yang Dapat Dilakukan di dalam Program Studi dan di Luar Program Studi

Dalam kerangka berpikir UbD, desain proses pembelajaran perlu dilakukan dengan menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, menentukan asesmen, baru mendesain kegiatan belajar-mengajar.

UbD tak sekadar tentang mendesain pembelajaran menggunakan desain mundur. Salah satu ciri UbD adalah bahwa kerangka ini mengharuskan agar tujuan pembelajaran harus mengarahkan siswa agar memahami gagasan-gagasan utama (big ideas) terkait topik yang sedang dipelajari.

Gagasan utama berarti gagasan yang paling esensial terkait topik yang dipelajari. Pertanyaan dasar ketika menentukan gagasan utama adalah “Apa gagasan paling penting terkait topik ini yang perlu diingat oleh siswa, seandainya semua gagasan lain terlupakan?”.