Find Us On Social Media :

Menurut Anda Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah? Apa Pentingnya?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:57 WIB

Menurut Anda mengapa kita perlu mempelajari sejarah?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kita: Menurut Anda mengapa kita perlu mempelajari sejarah? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Orang-orang tua sering berucap, "jangan sekali-kali melupakan sejarah". Atau "kita harus belajar dari sejarah supaya kita tidak mengulanginya lagi". Menurut Anda mengapa kita perlu mempelajari sejarah?

Sejarah tak sekadar sebagai ilmu yang memfasilitasi kita mengetahui masa lampau, mengetahui apa yang terjadi di masa lalu. Sejarah bukan ilmu yang mengharuskan kita mengapal tanggal-tanggal keramat, peristiwa-peristiwa penting, atau orang-orang besar. Lebih dari itu, sejarah adalah penghubung masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.

Baca Juga: Menganyam Kenangan: Merenda Perbedaan Penelitian Sejarah Lisan dengan Metode Penelitian

Karena itu, sejarah memegang peran penting dalam kehidupan bermasyarakat kita. Ada beberapa manfaat bagi kita belajar sejarah. Apa saja itu?

Secara garis besar, sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang masa lampau. Ada beberapa manfaat dan fungsi belajar sejarah.

Manfaat belajar sejarah

1. Membantu memahami identitas

Manfaat lain dari mempelajari sejarah adalah dapat membantu dalam memahami identitas. Identitas yang dimaksud dapat dikaitkan dengan banyak hal yang berbeda. Dari identitas negara, keluarga, kelompok atau organisasi konstituen. Bagaimana itu berkembang dari waktu ke waktu untuk membentuk identitas sebagai gambaran umum dapat dilihat.