Find Us On Social Media :

Mengenal Baju Adat Takwo, Baju Adat yang Dikenakan Presiden Jokowi saat Upacara HUT RI Ke-79 di IKN

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 17 Agustus 2024 | 11:32 WIB

Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat takwo saat memimpin upacara HUT RI ke-79 di IKN

Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat takwo saat memimpin upacara HUT RI ke-79 di IKN

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Untuk pertama kalinya, peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tidak dilaksanakan di Jakarta. Tahun perayaan yang ke-79 ini, HUT RI dilangsungkan di Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Upacara HUT RI ke-79 di IKN langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi, yang mengenakan baju adat takwo khas Kutai, Kalimantan Timur. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu memang dikenal kerap mengenakan pakaian-pakain adat saat perayaan HUT RI.

Mengenal baju takwo

Sebagai informasi, baju adat takwo merupakan warisan Kesultanan Kutai. Dulu, hanya raja dan keturunannya yang boleh mengenakan baju kebesaran ini.

Baju adat Takwo yang dikenakan Jokowi dan ibu negara Iriana berwarna dominan hitam, terbuat dari kain beludru atau linen. Pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas. Bagian bawah Jokowi mengenakan celana panjang hitam dibalut kain motif batik. Sedangkan ibu negara mengenakan rok hitam dibalut kain batik.

Baca Juga: Didominasi Warna Merah Lengkap dengan Sarung, Kopiah, dan Hiasan Senjata Tradisional, Ini Asal Usul Baju Adat yang Dipakai Presiden Jokowi, Maknanya Tak Main-main

Belakangan, mengutip Kompas.com, baju adat takwo juga digunakan untuk acara pernikahan oleh masyarakat adat Kalimantan Timur. Pada waktu kerajaan masih adat, pakaian Takwo ini tidak boleh dipakai oleh masyarakat biasa.

Baju takwo terbuat dari kain katun, linen, atau beludru. Baju takwo mirip jas tertutup, tetapi berleher tinggi. Pada bagian depannya ditambah sepotong kain yang disebut jelapah. Jelapah menutup bagian tengah dada dari bawah leher hingga pinggul. Dipadukan dengan kain panjang bermotif parang rusak yang sisinya diberi ornamen berupa rumbai-rumbai keemasan.