Find Us On Social Media :

Bagaimana Periode Kolonialisme Berlangsung Di Indonesia? Ini Dampaknya

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 20 Juli 2024 | 10:50 WIB

Itulah artikel tentang agaimana periode kolonialisme berlangsung di Indonesia? Dan bagaimana dampaknya? Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Itulah artikel tentang agaimana periode kolonialisme berlangsung di Indonesia? Dan bagaimana dampaknya? Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Bisa dibilang, Indonesia adalah negara yang kenyang dengan kolonialisme. Bagaimana tidak, sistem atau kegiatan itu telah ada di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu.

Lalu bagaimana periode kolonialisme berlangsung di Indonesia? Dan bagaimana dampaknya?

Secara garis besar, berkembangnya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia, tak terlepas dari peran VOC atau Verenigde Oost-Indische Compagnie). Ini adalah kongsi dagang milik Belanda yang berdiri sejak 1602.

Setelah kegagalan VOC, Indonesia mengalami beberapa pemerintahan, yaitu masa Herman Willem Daendels dan Thomas Stamford Raffles.

Peran VOC

Sejak didirikan pada 1602, VOC berhasil mengobrak-abrik kondisi perdagangan di Nusantara, terlebih setelah mereka melakukan monopoli dagang. Sesuai cita-citanya, kongsi dagang ini didirikan untuk mengintensifkan perdagangan di Indonesia, serta menghindari persaingan tidak sehat di antara para pedagang Belanda.

Oleh Pemerintah Belanda, VOC diberikan beberapa hak istimewa yang disebut Hak Octroi, yaitu:

- Mendapat hak monopoli perdagangan