Find Us On Social Media :

Akan Berkunjung Ke Indonesia September Nanti, Paus Fransiskus Dikenal Sebagai Sosok Dengan Kepekaan Sosial Tinggi

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 18 Juli 2024 | 18:17 WIB

Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok yang peduli dengan isu-isu ketimpangan sosial yang berkembang belakangan ini.

Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok yang peduli dengan isu-isu ketimpangan sosial yang berkembang belakangan ini.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Umat Katolik di Indonesia akan punya gawe besar. September 2024 nanti, pemimpin gereja Katolik di seluruh dunia, Paus Fransiskus, akan berkunjung ke Indonesia.Bukan rahasia lagi, Paus Fransiskus adalah sosok dengan kepekaan sosial yang sangat tinggi.

Bagaimana sepak terjang pria kelahiran Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1939 itu?

Paus Fransiskus, nama aslinya Jorge Mario Bergoglio, resmi menjadi Paus ke-266 setelah terpilih pada 2013 lalu seiring dengan pensiunnya Paus Benediktus XVI. Ia disebut-sebut sebagai simbol era baru dalam sejarah Gereja Katolik.

Mengutip Kompas.com, Paus Fransiskus adalah Paus pertama dari Benua Amerika, persisnya dari Amerika Latin, dari Argentina. Selain itu, Paus Fransiskus adalah paus pertama dari ordo Jesuit. Dia juga memperkenalkan gagasan reformasi ke dalam gereja yang menjawab tantangan zaman, salah satunya terkait krisis iklim dan persoalan lingkungan hidup.

Salah satu pernyataannya yang mengejutkan dunia adalah ketika dia meminta maaf secara terbuka kepada para penyintas pelecehan seksual yang dilakukan oleh pendeta. Paus Fransiskus juga dikenal getol mengkritisi masalah perbedaan kelas sosial antara yang kaya dan miskin.

Di luar itu, secara personal, reputasinya dikenal luas sebagai sosok yang rendah hati dan bergaya hidup sederhana.

Seperti sudah disinggung di awal, Paus Fransiskus memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio, lahir di Buenos Aires, Argentina, pada 17 Desember 1936. Sebelum ditahbiskan sebagai Paus, dia adalah Uskup Agung Buenos Aires untuk periode 1998 sampai 2012.