Find Us On Social Media :

Kue Ulang Tahun Awalnya Ternyata Alat Pemujaan Orang Yunani Kepada Dewi Mereka

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 17 Juli 2024 | 14:59 WIB

Sejarah kue ulang tahun disebut berakar pada tradisi pemujaan masyarakat Yunani Kuno dan Mesir Kuno kepada Dewi Artemis. Disempurnakan oleh Jerman.

Sejarah kue ulang tahun disebut berakar pada tradisi pemujaan masyarakat Yunani Kuno dan Mesir Kuno kepada Dewi Artemis. Disempurnakan oleh Jerman.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Belakangan ini di media sosial X ramai perihal kue ulang tahun. Ceritanya, ada seorang OB yang sedang ulang tahun dan membawa kue ulang tahunnya ke kantor tempat dia bekerja. Seperti terlihat di media sosial, kue ulang tahun itu berwarna hijau dengan aksen putih di tengahnya.

Niatnya, kue ulang tahun itu ingin dia bagikan kepada karyawan lain yang bekerja di sana. Tapi sayang, kue ulang tahun yang dibawa sang OB itu tetap utuh tak tersentuh di atas meja–bahkan sampai jam pulang tiba.

“Jadi ceritanya OB kantor ulang tahun, terus dia bawa kuenya buat bagi-bagian ke anak-anak kantor,” tulis akun Twitter @moktiar. Bahkan hingga pukul 11.00 kue ulang tahun yang dibawa OB itu masih utuh. “Kelar meeting jam 11, gue liat kuenya masih utuh,” tulisnya.

Dia kemudian merasa sedih karena tak ada satu pun yang mau mengambil kue ulang tahun itu. “Sedih banget, nggak ada yang mau ambil,” tulisnya. Tak butuh waktu lama, postingan itu mendapat respon yang begitu ramai.

Terlepas dari kabar viral itu, barangkali tak banyak dari kita yang tahu bagaimana sejarah kue ulang tahun. Benarkah ia dulunya adalah alat pemujaan orang Romawi kepada dewa-dewa mereka?

Menurut catatan All Recipes, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, sebelum menjadi tradisi umum, kue ulang tahun ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno dan Mesir Kuno.

Dulu, orang Yunani Kuno selalu mengadakan perayaan atas nama Artemis, salah satu dewi Yunani yang merupakan dewi bulan, simbol kesucian dan perburuan. Saat merayakannya, orang-orang Yunani ini akan membuat kue berbentuk bulat dan menyalakan lilin di atasnya yang melambangkan bulan.