Find Us On Social Media :

Sejarah Seragam Sekolah Di Indonesia, Tiap Warna Ternyata Punya Makna

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 17 Juli 2024 | 12:17 WIB

Seragam sekolah awalnya digunakan untuk pendidikan karakter. Lalu digunakan untuk membedakan kelas sosial. Di Indonesia, seragam sekolah adalah simbol persamaan antarsesama

Seragam sekolah awalnya digunakan untuk pendidikan karakter. Lalu digunakan untuk membedakan kelas sosial. Di Indonesia, seragam sekolah adalah simbol persamaan antarsesama

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Para orangtua barangkali bertanya-tanya, kenapa sekolah harus memakai seragam? Bukankan dalam dunia belajar-mengajar, yang bekerja adalah otak, tapi kenapa urusan pakaian harus diatur juga?

Inilah sejarah seragam sekolah di Indonesia, di mana tiap warna ternyata punya makna masing-masing.

Mengutip Intisari-Online.com, sejarah seragam sekolah di Indonesia ternyata terkait dengan keberadaan sekolah itu sendiri. Seragam sekolah yang dikenakan di setiap jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:

Siswa SD mengenakan kemeja berwarna putih dan rok/celana berwarna merah; Siswa SMP mengenakan rok/celana pendek berwarna biru laut dan kemeja lengan putih; Sedangkan siswa SMA mengenakan kemeja lengan pendek berwarna putih dan rok/celana panjang berwarna abu-abu.

Selain ada sejarah seragam sekolah di Indonesia, warna seragam di setiap tingkatan juga memiliki makna tertentu. Merah melambangkan semangat, biru melambangkan kemandirian, dan abu-abu melambangkan peralihan dari hitam ke putih.

Sejarah seragam sekolah di Indonesia dapat ditelusuri sejak pascakemerdekaan. Ketika itu semangat dan jiwa nasionalisme bangsa masih terasa amat tinggi.

Menurut buku Sejarah Pendidikan Islam: Memahami Kemajuan Peradaban Islam Klasik hingga Modern oleh Muhamad Tisna Nugraha, kondisi itu memberi pengaruh terhadap pendidikan di Indonesia dengan mulai diterapkannya penggunaan seragam sekolah.