Find Us On Social Media :

Bagaimana Penentuan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Yang Ibu Dan Bapak Lakukan Selama Ini?

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 9 Juli 2024 | 11:39 WIB

Lalu bagaimana penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang ibu dan bapak lakukan selama ini?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Ada beberapa tolok ukur tercapainya tujuan pembelajaran yang dicanangkan oleh seorang guru. Kriterianya juga bermacam-macam. Lalu bagaimana penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang ibu dan bapak lakukan selama ini?

Pertanyaan di atas muncul dalam Cerita Reflektif Modul 1 dengan Topik: Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran pada Platform Merdeka Mengajar sebagai panduan dalam menyelesaikan tugas yang ada.

Contoh jawaban dan pembahasan:

Selama ini, penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran saya lakukan dengan pendekatan yang berfokus pada beberapa aspek utama. Saya akan menjelaskan lebih detail mengenai pendekatan ini dengan menggunakan sudut pandang orang pertama.

Pertama-tama, dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, saya selalu memahami dengan baik apa yang ingin dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran atau topik tertentu. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang tujuan akademis dan keterampilan yang diharapkan siswa kuasai.

Saya merenungkan pertanyaan seperti, "Apa yang harus siswa ketahui atau bisa lakukan setelah menyelesaikan pembelajaran ini?" Setelah memahami tujuan, saya menciptakan kriteria yang sangat spesifik dan terukur.

Ini berarti saya menentukan parameter yang jelas untuk mengukur keberhasilan siswa. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah memahami konsep matematika tertentu, maka saya akan merinci jenis pertanyaan atau masalah yang harus mereka selesaikan sebagai bukti ketercapaian.

Selanjutnya, saya mempertimbangkan tingkat kesulitan yang sesuai. Ini melibatkan penyesuaian kriteria ketercapaian berdasarkan tingkat kelas atau tingkat keahlian siswa.

Saya selalu berusaha untuk membuat tantangan yang sesuai agar siswa merasa terdorong untuk mencapai kriteria tersebut. Selain itu, saya mempertimbangkan metode penilaian yang berbeda.