Find Us On Social Media :

Selama Ini, Bagaimana Anda Belajar Untuk Menambah Pengetahuan Anda, Khususnya Untuk Proses Pembelajaran Yang Anda Lakukan?

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 1 Juli 2024 | 09:50 WIB

Selama ini, bagaimana Anda belajar untuk menambah pengetahuan Anda, khususnya untuk proses pembelajaran yang Anda lakukan?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Sebagai seorang guru, kita harus terus meng-upgrade diri. Mulai dari wawasan hingga bagaimana mengatasi perilaku seorang murid.

Selama ini, bagaimana Anda belajar untuk menambah pengetahuan Anda, khususnya untuk proses pembelajaran yang Anda lakukan?

Untuk meningkatkan pemahaman dalam proses pembelajaran yang efektif, seorang guru biasanya akan akan terus mengembangkan diri secara independen dan melalui kolaborasi dengan individu lain.

Seorang guru akan selalu mencari wawasan baru dari berbagai sumber, termasuk literatur, artikel, dan situs web yang fokus pada bidang pendidikan.

Guru juga harus aktif berpartisipasi dalam seminar-seminar yang berkaitan dengan pembelajaran dan berusaha untuk terus berkomunikasi dan berbagi pengetahuan terbaru dengan rekan-rekan seprofesi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Apa saja upaya pengembangan diri yang bisa dilakukan oleh guru?

Menurut PROSIDING GURU XXI -5 "Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri" yang ditulis oleh Agus Sutiknya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan guru dalam rangka pengembangan diri.

Dia menulis, pengembangan diri harus mengutamakan kebutuhan guru untuk pencapaian standar dan peningkatan kompetensi profesi, khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan layanan pembelajaran.

Kebutuhan tersebut mencakup kompetensi menyelidiki dan memahami konteks di tempat guru mengajar, penguasaan materi dan kurikulum, penguasaan metode pembelajaran, kompetensi melakukan evaluasi peserta didik dan pembelajaran, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), atau pun kompetensi lain yang relevan.