Find Us On Social Media :

Penuh Insiden, Sejarah Rivalitas Brasil Vs Argentina Menjadi Salah Satu Yang Terpenting Dalam Dunia Sepakbola

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 29 Juni 2024 | 16:21 WIB

Sejarah rivalitas Brasil vs Argentina menjadi salah satu yang menarik dibahas dalam dunia sepakbola. Kapan akar rivalitas itu muncul?

Copa America 2024 yang diselengarakan di Amerika Serikat Juni-Juni ini menghadirkan banyak drama. Tapi drama-drama itu rasanya sulit untuk menutupi pertanyaan orang-orang, siapa yang akan menjadi juara: Argentina atua Brasil? Atau justru Uruguay?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Menarik memang menilik sejarah rivalitas Brasil vs Argentina. Rivalitas keduanya dalam bidang olahraga konon bahkan sudah muncul jauh sebelum era sepakbola. Pertanyaan, bagaimana awal permusuhan keduanya dalam olahraga paling populer di dunia ini?

Soal rivalitas Brasil-Argentina, FIFA, federasi sepakbola tertinggi di dunia, menggambarkannya sebagai "inti dari rivalitas sepakbola". Tak hanya bersaing di ranah regional, dalam hal ini Amerika Selatan, keduanya juga bersaing menjadi tim terhebat di seluruh dunia.

Di Amerika Latin, rivalitas keduanya digambarkan sebagai "Battle of the Americas" atau "The Superclassic of the Americas". Memanasnya persaingan Argentina dan Brasil dalam dunia sepakbola disebut berawal pada abad ke-20 dan berlangsung hingga sekarang, ditandai dengan berbagai insiden dan kontroversi dalam tiap pertemuan keduanya.

Kedua negara juga pernah saling menolak untuk bertanding satu dengan yang lain.

Bagaimanapun juga, hingga kini Brasil dan Argentina dianggap sebagai salah dua kiblat persepakbolaan dunia--atau bahkan yang dua terbaik. Dalam setiap turnamen, baik saat Olimpiade, Copa America, atua Piala Dunia, dua negara ini pasti ditempatkan sebagai negara-negara unggulan.

Belum lagi persaingan antarpemainnya. Brasil diwakili oleh Pele, Socrates, Zico, Romario, Bebeto, Ronaldo Nazario, Ronaldinho, hingga Neymar; sementara Argentina punya Alfredo Di Stefano, Mario Kempes, Claudio Caniggia, Diego Maradona, hingga Lionel Messi.

Seperti disebut di awal, sejarah rivalitas Brasil-Argentina bisa kita lihat jauh sebelum era-sepakbola. Karena bagaimanapun juga, di semua ajang olahraga, kedua negara ini praktis selalu bersaing satu sama lain. Pertemuan pertema mereka dalam dunia sepakbola terjadi pada 1914--hingga ini keduanya sudah bertemu lebih dari 100 kali.

Pada pertandingan pertama itu, Argentina menang 3-0 atas Brasil. Saat itu, pertemuan keduanya masih adem-ayem. Insiden-insden dari dimulai satelah pertandingan final Copa America 1925 yang penuh dengan kekerasan. Final 1925 itu bahkan membuat keduanya memutuskan untuk "tidak saling ketemu dulu" hingga 1958.