Find Us On Social Media :

Kisah Kelam Batavia: Kota Bergaya Belanda yang Dibangun di Atas Darah dan Kekerasan

By Afif Khoirul M, Minggu, 9 Juni 2024 | 17:10 WIB

Kisah Kota Batavia yang dibangun di atas penderitaan penduduk pribumi.

Saat ini Intisari sudah hadir di WhatsApp Channel, follow di sini dan dapatkan artikel-artikel terbaru kami

Intisari-online.com - Batavia, yang pernah menjadi pusat kekuasaan kolonial Belanda di Indonesia, kini hanya tinggal kenangan di sudut-sudut Kota Jakarta. Meskipun cahayanya telah luntur, kisah-kisah masa lalunya masih terpatri dalam ingatan kota, mengungkap cerita tentang kemakmuran yang luar biasa dan tindakan kekejaman yang tak terlupakan.

Pada tahun 1619, Belanda mendirikan Batavia, yang dengan cepat berkembang menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Di era ketika rempah-rempah dihargai setara dengan emas, keberlimpahan rempah-rempah di Batavia menjadikan Belanda salah satu negara terkaya di dunia.

Namun, kekayaan ini tidak diperoleh tanpa biaya. Untuk mempertahankan dominasi mereka, penjajah Belanda tidak segan menggunakan kekerasan terhadap penduduk asli, seringkali dengan konsekuensi yang mematikan.

Ambisi Belanda atas Batavia

Di penghujung abad ke-16, Belanda memutuskan untuk mengambil bagian dalam perdagangan rempah-rempah yang menggiurkan. Mereka mengirim ekspedisi ke wilayah yang kaya akan rempah-rempah pada tahun 1595 untuk menyaingi Portugis.

Ketika ekspedisi tersebut kembali dengan muatan rempah-rempah berharga seperti asam jawa, fuli, cengkeh, dan pala, Belanda menyadari bahwa mereka telah menemukan sumber kekayaan baru. Tak lama kemudian, mereka mendirikan Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC), yang kemudian mencapai kekayaan yang melampaui perusahaan-perusahaan besar masa kini.

Namun, perjalanan untuk mengumpulkan rempah-rempah tidaklah mudah. Belanda terlibat konflik dengan Portugis, Inggris, dan juga penduduk asli Indonesia. Pada tahun 1619, dengan tekad untuk menguasai perdagangan, pasukan Belanda di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menyerang dan menghancurkan kota Jayakarta, yang kemudian dibangun kembali sebagai Batavia.

Batavia: Simbol Kemakmuran dan Kekerasan

Seiring waktu, Batavia berkembang menjadi kota yang menyerupai kota-kota di Belanda, lengkap dengan kanal, balai kota, dan gudang rempah-rempah. Namun, di balik fasad ini, Belanda tetap sebagai penjajah yang berusaha mengendalikan penduduk asli dengan segala cara.

Pada tahun 1621, Coen memimpin serangan ke Kepulauan Banda, membunuh hampir seluruh penduduknya hanya karena mereka berdagang dengan Inggris. Hanya 1.000 orang yang selamat dari 15.000 penduduk asli.

Baca Juga: Menyambut Sejarah Jakarta: Ternyata Begini Menonton Bioskop Di Jakarta Tempo Doeloe