Find Us On Social Media :

Kabar Baik, Akuarium di Amerika Serikat Ini Akan Memindahkan Seluruh Lumba-lumbanya ke Laut

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 16 Juni 2016 | 17:00 WIB

Kabar Baik, Akuarium di Amerika Serikat Ini Akan Memindahkan Seluruh Lumba-lumbanya ke Laut

Intisari-Online.com - Baltimore National Aquarium baru saja mengambil langkah kolosal dengan melepaskan semua koleksi lumba-lumbanya ke sebuah penangkaran tepi pantai. Pengelola berharap, langkah ini bisa membuat delapan lumba-lumba itu menikmati masa pensiunnya.

“Kami menciptakan pilihan baru tentang bagaimana manusia merawat lumba-lumba,” ujar CEO John Racanelli kepada The Huffington Post. “Ini bukan langkah mudah, ini bukan langkah murah, ini bukan langkah murah, tapi kami percaya apa yang kami lakukan sudah benar.”

Assosiated Press melaporkan, akuarium ini mengakhiri pertunjukan lumba-lumba pada 2012, meskipun hewan-hewan itu masih tetap dipamerakan di tangki-tangki yang ada di situ.

Racanelli mengumumkan pada Selasa (14/6) kemarin bahwa pihaknya akan mendirikan “penangkaran lumba-lumba tepi pantai pertama”, dan lumba-lumba itu akan tinggal di sana pada 2020. Itu artinya, daerah sekitarnya akan dibuat laiknya habitat asli para lumba-lumba itu.

 

Salah satu alasan kenapa proses pemindahan ini memakan waktu yang nisbi lama adalah bahwa lumba-lumba harus secara bertahap dialihkan ke lingkungan baru mereka. “Kami harus membuat lumba-lumba itu nyaman untuk pindah menggunakan truk atau pesawat,” tambah Racanelli.

Sementara si lumba-lumba harus beradaptasi, maka pihak akuarium akan sekuat tenaga menciptakan penangkaran ini laiknya habitat asli mereka.