Find Us On Social Media :

Inilah Cara Menghemat Energi di Rumah Sendiri

By Monalisa Darwin D, Minggu, 19 Juni 2016 | 16:15 WIB

Inilah Cara Menghemat Energi di Rumah Sendiri

Intisari-Online.com - Menghemat listrik memang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan serta bumi ini. Kita dapat berkontribusi dengan cara yang sederhana dalam keseharian di sekitar kita. Kalau bukan dari diri kita sendiri yang bergerak, bumi akan sulit bertahan lama. Dan, inilah cara menghemat energi di rumah sendiri:

1. Langkah awal dan penting dalam menghemat energi di rumah adalah dengan menggunakan listrik secara bijak. Biasakanlah untuk mematikan lampu atau peralatan listrik lainnya ketika tidak digunakan.

2. Kurangi suhu pengatur ruangan, termasuk AC sebanyak 1 derajat. Hal ini tidak akan mempengaruhi suhu kamar, namun akan mengurangi konsumsi listrik. Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan terhadap AC, termasuk mengganti penyaring udaranya setiap bulan, dimana ini akan meningkatkan efisiensi.

3. Kurangi penggunaan mesin cuci. Bila tidak terlalu banyak pakaian yang akan dicuci, sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci. Cucilah secara manual, termasuk dalam pengeringannya. Manfaatkan sinar matahari daripada selalu mengandalkan mesin cuci.

4. Bagi Anda yang memiliki taman, hindari penggunaan air untuk minum ketika akan menyiram atau mengairi tanaman atau kebun. Hal ini juga dapat termasuk dalam mencuci kendaraan kita, kandang hewan peliharaan, dan lainnya.

5. Cara menghemat energi di rumah sendiri yang terakhir adalah membiasakan diri untuk hidup “go green”. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan pemanas air surya bukan pemanas listrik, mengurangi pemakaian kantong plastik, dan lain sebagainya.