Find Us On Social Media :

Aljazair Memblokir Facebook dan Twitter untuk Menghentikan Aksi Menyontek ketika Ujian

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 21 Juni 2016 | 11:00 WIB

Aljazair Memblokir Facebook dan Twitter untuk Menghentikan Aksi Menyontek ketika Ujian

Intisari-Online.com - Aljazair memblokir Facebook dan Twitter—juga jejaring sosial lainnya—untuk menghentikan aksi menyontek ketika ujian. Keputusan ini dikeluarkan mengingak banyaknya kertas contekan yang muncul secara online di negara tersebut.

Pemerintah berharap, setelah kebijakan ini dikeluarkan, orang tidak lagi melakukan aksi saling contek satu dengan yang lainnya. Pemblokiran ini sendiri berlaku baik untuk internet normal atau internet dengan layanan 3G.

Awal bulan ini, kepolisian setempat menangkap puluhan orang yang diduga mengunggah kunci jawaban di media sosial. Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (19/6), Kementerian Pos, Teknologi, dan Telekomunikasi mengatakan, “Memotong jaringan sosial memiliki hubungan langsung dengan ujian matrikulasi yang dimulai pada Minggu.”

Semacam apalogi, pemerintah mengklaim bahwa langkah ini juga sebagai langkah untuk melindungi para siswa dari “jawaban-jawaban palsu”—mengingat kunci jawaban yang beredar sebagian besar jawabannya salah.

Media sosial memang ibarat dua sisi mata, di satu sisi memiliki manfaat yang besar, sementara di sisi lain adalah mudarat.