Find Us On Social Media :

Fitur Kecil pada Pulpen Ini Telah Selamatkan Nyawa Ratusan Anak

By Ade Sulaeman, Jumat, 24 Juni 2016 | 17:00 WIB

Fitur Kecil pada Pulpen Ini Telah Selamatkan Nyawa Ratusan Anak

Intisari-Online.com - Semua orang akrab dengan pulpen ini. Tapi sangat sedikit orang yang pernah benar-benar berpikir tentang mengapa tutup pulpen tersebut didesain sedemikian rupa. Padahal, fitur kecil pada pulpen tersebut sudah menyelamatkan nyawa ratusan anak, setidaknya di Inggris.

Pada tahun 1991, perusahaan BIC menyajikan sebuah solusi desain baru untuk pulpennya yang tetap benar-benar tak diperhatikan oleh sebagian besar orang: Sebuah lubang kecil di bagian atas tutup pada pulpen mereka yang paling terkenal, Cristal Pen.

Banyak orang tidak memperhatikan inovasi ini. Namun pada saat yang sama, keputusan untuk mengadopsi desain ini telah menyelamatkan nyawa sejumlah besar anak-anak. Lebih dari seratus anak-anak tepatnya. Serta sejumlah kecil dari orang dewasa. Setiap tahun.

Anak-anak kecil suka mencicipi semua jenis benda yang jatuh ke tangan mereka, terutama yang kecil yang mereka bisa muat di mulut mereka. Bagi orang dewasa, di sisi lain, suka mengunyah tutup pulpen ketika mereka sedang berkonsentrasi intens, atau ketika gugup.

Sebuah tutup pulpen dapat dengan mudah bersarang di tenggorokan seseorang, menyebabkan mereka tersedak. Dalam situasi seperti itu, lubang kecil di tutup pulpen membantu seseorang mendapatkan cukup oksigen sementara ambulans dalam perjalanan.

Keputusan BIC untuk mengadopsi desain ini didukung oleh semua produsen pulpen besar lainnya, sementara British Standards Institution membuat amandemen berupa rekomendasi standar pembuatan tutup pulpen.

Tampaknya klaim yang sering dikutip bahwa "Anda dapat mengenali desain yang baik secara langsung' sangat relevan dalam kasus ini.

(BrightSide)