Find Us On Social Media :

Tahun 1992 Didirikan Organisasi Yang Bertujuan Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Di Kawasan Regional ASEAN, Apa Itu?

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 7 Mei 2024 | 15:17 WIB

Pada tahun 1992 didirikan suatu organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi yang ada di kawasan regional ASEAN. Organisasi ini didirikan di Singapura ketika berlangsungnya KTT ASEAN yang ke-4. Organisasi yang dimaksud adalah ASEAN Free Trade Area atau AFTA.

Intisari-Online.com - Pada tahun 1992 didirikan suatu organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi yang ada di kawasan regional ASEAN.

Organisasi ini didirikan di Singapura ketika berlangsungnya KTT ASEAN yang ke-4.

Organisasi yang dimaksud adalah ASEAN Free Trade Area atau AFTA.

AFTA adalah perwujudan kesepakatan dari negara Asia Tenggara untuk membentuk kawasan perdagangan bebas.

Dilakukan guna meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN, dengan menjadikannya sebagai basis produksi dunia dan pasar regional bagi 500 juta warganya.

AFTA dibentuk saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura pada 1992.

Harapannya, peningkatan daya saing ekonomi dan ASEAN sebagai basis produksi dunia, dapat dicapai dalam waktu 15 tahun, yakni sejak 1993 hingga 2008.

Tapi rencana ini dipercepat menjadi 2003, dan kian dipercepat menjadi 2002.

Common Effective Preferential Tariffs For ASEAN Free Trade Area (CEPT-AFTA) merupakan suatu skema untuk mewujudkan AFTA.

Skema ini dilakukan lewat penurunan tarif antara 0 sampai 5 persen, penghapusan pembatasan kuantitatif, dan hambatan non-tarif lainnya.

Selanjutnya, muncul kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, pada 2010.

Sementara bagi Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam pada 2015.