Find Us On Social Media :

Kekurangan Bukan Alasan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 12 November 2015 | 18:45 WIB

Kekurangan Bukan Alasan

Intisari-Online.com – Emmanuel "Manny" Yarbrough pernah merasa minder dengan tubuhnya yang begitu besar. Wajar saja, dengan tinggi 2 meter dan berat badan 350 kilogram, siapa yang tidak merasa dirinya sebagai orang aneh di antara orang lain?

Tetapi, ia tidak mau terus berlarut-larut dalam keterpurukan. Ia memutuskan untuk membuang pikiran negatif tentang dirinya. Ia mulai bangkit dan mencoba untuk menggali potensi yang ada di dalam dirinya. Ia pun mulai mendalami olah raga sumo. Terbukti, olah raga itu sangat cocok dengan tubuhnya yang besar. Setelah bekerja keras dan pantang menyerah, pria asal AS itu pun berhasil menjadi juara dunia amatir Sumo, sekalius menjadi atlet Sumo paling populer di luar Jepang.

Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan di dalam dirinya. Kadang kala, kita sendiri akan lebih mudah melihat kekurangan diri kita dari pada kelebihan yang kita miliki. Demikian halnya, bagi orang lain, kekurangan seseorang sering kali akan lebih mudah terlihat ketimbang kelebihan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah kita hanya sekedar melihat kekurangan kita dan berhenti pada menyesali, atau sekedar meminta orang lain untuk memakluminya. Jika ingin sukses di dalam kehidupan ini, dibutuhkan lebih dari sekadar menyadari apa kelemahan kita, tetapi juga menyadari apa kelebihan kita.

Melakukan lebih dari apa yang diharapkan, itulah kunci sukses. Jangan biarkan kekurangan kita mengurangi keberhasilan kita. (SD)