Find Us On Social Media :

Kisah Anderson dan Beruang yang Bersahabat

By K. Tatik Wardayati, Senin, 7 Maret 2016 | 18:30 WIB

Kisah Anderson dan Beruang yang Bersahabat

Intisari-Online.com – Ketika Casey Anderson bertemu Brutus, beruang, hewan itu seperti anak kecil. Lahir di sebuah taman satwa liar yang penuh sesak, Brutus kemungkinan besar sudah eutanasia. Saat itulah Anderson melangkah masuk dan membawanya pergi ketika berumur 5 bulan.

Awalnya, Brutus tinggal di rumah Anderson, namun situasi berubah ketika ia menjadi terlalu besar untuk hidup di lingkungan rumah Anderson.  Saat itulah Anderson mendirikan Encounter Montana Grizzly, sebuah “suaka penyelamatan dan pendidikan”, yang terletak di Bozeman. Hewan-hewan yang diselamatkan oleh organisasi itu, dengan Brutus yang pertama, semuanya lahir di penangkaran dan umumnya menderita kemalangan, dalam kondisi “tidak manusiawi” sebelum diselamatkan.

“Brutus tidak dapat hidup di alam liar karna ia tidak menghabiskan tiga tahun pertama hidupnya dengan alam liar,” kata Anderson, seperti dikutip oleh Huffington Post. “Saat itulah beruang di alam liar mempelajari segala sesuatu yang mereka perlu tahu untuk bertahan hidup.”

Karena kurangnya pengetahuan tentang alam liar, maka beruang ini tidak bisa begitu saja dilepaskan ke alam liar, mereka tidak akan memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk tetap hidup sendiri. Grizzly Encounter memungkinkan mereka untuk hidup dalam lingkungan alam sementara mereka masih memiliki manusia yang melihat kebutuhan mereka karena mereka tidak bisa memenuhi sendiri.

Hubungan antara Anderson dan Brutus adalah spesial, kata Anderson dalam video di bawah ini. Mereka berdua adalah teman terbaik. “Saya memiliki waktu yang sulit, benar-benar marah tentang beberapa hal.. Saya menanis,” kenang Anderson. “Saya bisa melihat bahwa ia ignin mengambil rasa sakit dari saya. Ia datang kepada saya dengan sangat lembut dan menyikut. Ia hanya berdiri tanpa saya dan mendengarkan saya dan ia ada di sana ketika saya menangis. Ini benar-benar yang saya butuhkan darinya. Hubungan ini adalah memberi dan mengambil.”

Kini Brutus berusia sekitar 14 tahun, Brutus masih sangat dekat dengan Anderson. Ia bahkan menjadi “orang terbaik” di pernikahannya. Anderson telah menulis sebuah buku tentang pengalamannya dengan Brutus, Story of Brutus: My Life with Brutus the Bear and the Grizzlies of North America,” yang tersedia di Amazon.

Meskipun postur beruang ini menakutkan, tetapi persahabatan dua jiwa ini tampaknya tidak akan terjadi di tempat lain dalam waktu dekat. Aneh? Rasanya tidak juga.

Bagaimana dengan persahabatan Anda?