Find Us On Social Media :

Tahun Kelinci: Tenang Tapi Menyimpan Kejutan

By Agus Surono, Senin, 31 Januari 2011 | 14:03 WIB

Tahun Kelinci: Tenang Tapi Menyimpan Kejutan

Tiap tahun majalah Intisari rutin mengeluarkan buku tentang prediksi tahun ke depannya berdasarkan penanggalan Imlek. Tahun ini jatuh Tahun Kelinci. Apa saja yang akan terjadi di tahun kelinci, empat ahli berbagi "penerawangannya" di Tahun Kelinci Menurut 4 Ahli.

Menurut penanggalan Cina, tahun 2011 adalah tahun kelinci. Kelinci Logam atau Kelinci Kayu? Bagian ini boleh dan masih bisa diperdebatkan. Yang pasti dan tak perlu diperdebatkan, buku Tahun Kelinci Menurut 4 Ahli (Intisari Mediatama, 2010), menawarkan banyak jawaban untuk pertanyaan seputar nasib dan peruntungan Anda di tahun Imlek 2562. Termasuk karakter sang Kelinci yang pandai menyimpan bom waktu.Bagaimana sebenarnya kedudukan sang Kelinci di Tiongkok? Konon, hewan yang satu ini menjadi perlambang panjang umur. Ada sebuah legenda tentang seorang lelaki bernama Hou-yi yang sangat pandai memanah. Suatu kali negara terkena musibah karena ada sepuluh Matahari yang muncul di angkasa. Udara panas sekali, tanaman tidak dapat hidup, sedangkan persediaan air tidak mencukupi. Hou-yi kemudian datang dan dengan lincah ia memanah sembilan dari sepuluh Matahari. Sebuah disisakannya agar dunia tidak menjadi dingin dan gelap gulita. Untuk jasanya, Ratu Barat (Si Wang Mu) memberi Hou-yi berupa sebutir pil untuk dapat hidup abadi. Hou-yi tidak langsung meminum pil itu, tetapi disembunyikan di rumahnya.

Pada suatu hari, Chang-e, istrinya, menemukan pil tersebut dan menelannya. Tiba-tiba Chang-e merasa dapat terbang dan sampailah dia di Bulan. Di sana ketika ia terbatuk, sesuatu keluar dari mulutnya yang ternyata kulit pil. Kulit pil itu kemudian menjadi seekor kelinci. Setelah itu Chang-E tetap tinggal di Bulan ditemani kelinci itu, yang kini masih bisa kita saksikan saat bulan purnama.

Ada versi lain tentang kelinci dan Bulan. Namun saya tidak mau membicarakannya. Hal yang penting dari buku ini adalah soal prediksi satu tahun ke depan. Baik nasib bangsa ini, atau nasib Anda sekalian. Untuk itu buku ini dibuat. Tentu saja ini bukan buku primbon yang mesti "dituruti" dengan sepenuh hati. Harus disikapi sebagai buku yang memberi inspirasi agar tahun 2011 memberi nilai positif bagi Anda.

Di mata Mas Dian MRE, jika tahun 2010 terjadi banyak percekcokan, pemberontakan, atau aksi-aksi demonstrasi; maka di tahun 2011 semua itu akan berkurang. Keadaan akan relatif lebih tenang. Satu hal yang patut diwaspadai, faktor gangguan dari luar negeri yang cukup kencang. Gangguan ini bisa kita artikan bahwa Indonesia akan banyak diganggu oleh negara-negara lain. Mereka akan ikut campur dalam urusan kita, menekan kita dalam berbagai hal, dan sebagainya.

Kalau bisa digambarkan, pada tahun-tahun pertama, kondisi perekonomian secara umum tidak terlalu menguntungkan. Setelah bulan kelima, kondisinya baru akan terasa membaik. Namun di bulan November atau Desember, posisinya kembali tidak terlalu baik. Dalam situasi yang kurang menguntungkan ini, jika pemerintah bisa mengambil kebijakan yang cepat dan efektif, maka hasilnya dapat terasa baik.

Lalu, apa yang dimaksud dengan bom waktu? Adalah Kang Hong Kian yang melemparkan peringatan itu. Ketenangan sang kelinci ternyata bersifat fiktif. Di dalamnya terkandung tiga 'Bom Waktu' pemicu kegalauan: kharisma kepemimpinan yang buram, kondisi dilematis yang tidak disikapi dengan ketegasan, serta stres terhadap akumulasi ketaksenangan dan dendam kesumat.

Buku ini tentu saja memuat peruntungan setiap shio. Dirinci setiap bulannya. Di setiap pemerian peruntungan disertakan hari-hari naas/ciong. Cuma, sekali lagi ini bukan sesuatu yang harus dipercayai sepenuh hati.