Find Us On Social Media :

Agya dan Ayla, Dua Kebanggaan Indonesia

By Jeffrey Satria, Senin, 24 September 2012 | 12:00 WIB

Agya dan Ayla, Dua Kebanggaan Indonesia

Intisari-Online.com - Sudah jadi rahasia umum, mobil-mobil ‘hijau’ kini makin diminati. Bukan saja karena irit dan murahnya. Namun juga karena tingginya kepedulian masyarakat akan transportasi yang ramah lingkungan.

Melihat hal ini, PT. Astra International Tbk, bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Company, mengumumkan sebuah mobil ‘hijau’ hasil kolaborasi mereka. Mobil ‘hijau’ yang berkapasitas 5 penumpang ini akan dinamakan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Keduanya ditampilkan di depan pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20, yang berlangsung 21-30 September 2012, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla memang dirancang mengikuti program pemerintah Low Cost Green Car (LCGC). Yang mengejutkan, kedua mobil ini didesain oleh putra bangsa! Ya, Mark Widjaja, desainer kedua mobil ini terpilih secara global mengalahkan desainer asal Italia, Prancis, dan Jepang.

Dalam kolaborasi ini, perencanaan, pengembangan dan produksi kedua mobil, baik Agya dan Ayla dipegang oleh Daihatsu. Sementara Toyota yang sudah puluhan tahun dikenal dengan produk dan layanan yang berkualitas tinggi, akan berusaha memberikan layanan berkualitas tinggi. Kedua mobil ini dirancang irit bahan bakar namun terjangkau karena ringan. Selain itu, dengan desain kompak dan tampak depan yang dinamis, keduanya akan sangat cocok bagi masyarakat urban Indonesia.

Nama Agya dan Ayla secara sengaja dipilih untuk memberikan kesan lokal. Agya yang diambil dari bahasa sansekerta memiliki arti cepat, sedang Ayla yang juga diambil dari bahasa yang sama, berarti sinar. Keduanya akan menjadi kebanggaan Indonesia yang baru. Lebih hebatnya lagi, kedua kebanggaan Indonesia ini akan diproduksi di pabrik baru PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) di kawasan industri Suryacipta, Karawang timur.

Pabrik baru ADM ini menurut rencana akan selesai pembangunannya bulan Oktober tahun ini. Dengan kapasitas pembangunan yang mampu mencapai 100.000 unit per tahun, pabrik baru yang juga memiliki fasilitas penelitian dan perencanaan ini, juga akan menjadi simbol kebanggaan Indonesia.