Find Us On Social Media :

Ford All-New Focus, Melampaui Harapan Pengendara

By J.B. Satrio Nugroho, Rabu, 26 September 2012 | 16:00 WIB

Ford All-New Focus, Melampaui Harapan Pengendara

Intisari-Online.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20 tengah berlangsung. Para produsen otomotif bergegap-gempita memamerkan produknya, dengan berbagai kelebihannya. Salah satu yang mencuri perhatian pengunjung pameran akbar ini adalah gerai Ford. Pada hari pertama pameran tersebut, 20 September 2012, Ford meluncurkan all-new Ford Focus. Ford Focus generasi terbaru ini menetapkan standar baru di segmennya, melalui kombinasi teknologi mutakhir, hemat bahan bakar, desain yang ekspresif, performa mumpuni, dan perhatian penuh pada keselamatan dan kenyamanan pengendara.

All-new Focus tersedia dalam empat varian yang dilengkapi dengan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan: Focus Trend 1,6L AT versi hatchback lima pintu dan sedan empat pintu, Focus hatchback Sport 2,0L AT dan Focus Titanium 2,0L AT.

“All new Focus mewakili kekuatan dan keunggulan strategi One Ford global kami dalam melayani konsumen negara ini,” ujar Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia. “Kami telah melangkah lebih jauh dalam setiap aspek kendaraan generasi baru ini untuk memberikan kualitas, penghematan bahan bakar, keselamatan dan teknologi pintar yang melampaui harapan konsumen kami.”

Salah satu teknologi yang dibenamkan dalam Focus generasi terbaru ini adalah Active Park Assist. Dengan hanya menekan satu tombol, pengendara dapat melakukan parkir paralel dengan mudah – bahkan pengemudi tak perlu memegang setir! Sistem ini menggunakan sensor pintar yang mengidentifikasi sekeliling mobil, untuk kemudian mengemudikan mobil ke area tersebut. Pengendara tinggal mengendalikan pedal gas, rem, dan roda gigi.

Peralatan pintar lainnya adalah Active City Stop, yaitu sistem sensor pencegah tabrakan dalam kecepatan rendah. Kemudian ada Blind Spot Information System (BLIS). Teknologi ini mampu mengurangi blind spot kaca spion. Lampu berwarna oranye muncul pada kaca spion, sekaligus sebagai tanda peringatan.

Smart Keyless Entry juga dijejalkan di Focus generasi baru ini. Dengan alat ini, pengendara mampu mengunci atau membuka pintu di sisi pengendara tanpa harus mengeluarkan kunci dari tas atau saku. Sensor di sekeliling mobil mendeteksi adanya kunci, lalu secara otomatis membuka atau mengunci pintu saat pengendara menarik pegangan pintu.

Demi keamanan dan kenyamanan pula, ada keistimewaan lain: Ford Powet Start. Teknologi ini membuat mesin dapat dinyalakan hanya dengan menekan tombol “Ford Power Start” sambil menginjak pedal kopling (atau pedal rem pada versi otomatis). Pengemudi tidak perlu memasukkan kunci. Mesin akan terus menyala selama kunci berada di dalam kendaraan.

Selain canggih, all-new Focus juga ramah lingkungan. Dengan mesin DOHC empat silinder 2,0 liter yang menggabungkan bensin dan injeksi langsung bertekanan tinggi dengan teknologi Twin Independent Variable camshaft timing (TI-VCT), untuk meningkatkan kinerja sekaligus irit bahan bakar.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini adalah 170PS dan torsi 200Nm. Mesin ini menghasilkan tenaga hampir 20% lebih besar dibandingkan dengan mesin Focus 2,0 liter sebelumnya. Penghematan bahan bakar dibandingkan versi sebelumnya adalah 10%

Ford juga memperhatikan keselamatan pejalan kaki, dengan teknologi rangka yang mengurasi risiko cedera pejalan kaki yang tertabrak. Itu belum termasuk teknologi canggih yang disempurnakan, demi keselamatan orang yang ada di dalamnya, seperti airbag inovatif dan brake assist system.

Kabar baik belum selesai. Ford menawarkan penawaran khusus di IIMS ini, dengan skema angsuran yang kompetitif untuk semua pemesanan pelanggan atas all-new Ranger, all-new Focus, Fiesta, Everest, dan Escape. Ditambah lagi bonus asesoris mobil, undian, dan hadiah langsung kepada pelanggan yang membeli unit Ford selama IIMS.

Jadi, ayo segera ke IIMS.