Find Us On Social Media :

Niat Adus Puasa Ramadhan, Termasuk Mandi Sunah dan Mandi Junub

By Ade S, Selasa, 5 Maret 2024 | 11:03 WIB

Niat adus puasa Ramadhan, termasuk mandi sunah dan mandi junub. Pelajari hukum, tata cara, dan doa mandi wajib di bulan suci ini.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu bahwa ada berbagai macam mandi yang berkaitan dengan puasa Ramadhan?

Apakah Anda tahu bahwa ada tradisi, hukum, dan niat yang berbeda untuk setiap jenis mandi tersebut?

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang niat adus puasa Ramadhan, termasuk mandi sunah dan mandi junub.

Intisari akan menjelaskan apa itu mandi sunah dan mandi junub, kapan dan bagaimana melakukannya, serta apa saja doa yang harus dibaca.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang niat adus puasa Ramadhan, termasuk mandi sunah dan mandi junub, silakan lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai.

Hukum Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Menurut NU Online, seperti dilansir dari Kompas.TV, mandi sebelum puasa Ramadan tidak termasuk dalam rukun puasa, sehingga tidak ada kewajiban untuk melakukannya.

Mandi hanya menjadi rukun puasa jika seseorang berada dalam keadaan junub.

Junub adalah keadaan yang membutuhkan mandi wajib karena mengalami salah satu dari dua hal, yaitu keluarnya mani dari kemaluan laki-laki atau perempuan, atau melakukan hubungan intim, meskipun tidak ada keluarnya mani.

Orang yang junub harus mandi wajib sebelum melakukan salat, tawaf, dan ibadah lainnya. Namun, jika orang yang junub belum mandi wajib saat waktu imsak tiba, puasanya tetap sah selama memenuhi syarat dan rukun puasa lainnya.

Baca Juga: Jadwal Imsak Cikarang 2024 untuk Puasa Ramadhan 1445 Hijriah