Find Us On Social Media :

Susu Hanya Bantu Lengkapi Kebutuhan Gizi

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 27 September 2013 | 12:53 WIB

Susu Hanya Bantu Lengkapi Kebutuhan Gizi

Intisari-Online.com – Anak Anda susah makan? Rasanya bukan hanya Anda saja yang mengalami masalah ini. Ratusan ibu bahkan pernah mengalami masa ketika anak mereka susah makan. Banyak anak yang mengalami masalah makan dan cenderung menolak bila disajikan buah dan sayuran. Kecenderungan ini pada akhirnya mengakibatkan anak-anak rentan mengalami kekurangan mikronutrien, yang meski kecil kebutuhannya, tapi tetap dibutuhkan bagi tumbuh-kembang mereka.

Mikronutrien termasuk golongan vitamin dan mineral seperti zat besi, seng, kalsium, dan vitamin B kompleks. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 menunjukkan masih banyaknya anak Indonesia berusia 1 – 4 tahun menderita anemia karena kekurangan zat besi yaitu sebesar 27,7 persen, sehingga pertumbuhan dan pencapaian kognitifnya tidak optimal.

Meski Ibu sudah berusaha semaksimal membujuk dengan berbagai cara termasuk menyembunyikan sayuran dan buah-buahan dalam sajian menu si anak, terkadang tetap saja anak tidak mau menyentuh makanan tersebut. “Ibu tetap perlu mengamati pertumbuhan tinggi, berat badan dan kondisi kesehatan anak secara keseluruhan supaya bisa mendapatkan solusi menangani kesulitan makan si anak. Apabila anak susah makan hanya karena sering menolak buah dan sayur tetapi tidak mengalami penurunan atau kekurangan berat badan, itu artinya hanya perlu perbaikan pola makan saja. Pilihan makanan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan zat gizinya,” demikian jelas Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc., dokter ahli  gizi di FKUI-RSCM.

Nah, membantu para Ibu di Indonesia dalam menemukan solusi menangani masalah anak sulit makan, Bebelac meluncurkan sebuah produk baru Bebelac Compelete Fruits and Veggies. Diharapkan dengan tambahan minuman susu ini dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi harian anak sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG). Berdasarkan paduan AKG, anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 1.200 kkal per hari untuk tumbuh kembang dan aktivitas fisiknya.

“Namun, Bebelac Compelete Fruit and Veggies ini bukanlah pengganti makanan padat, melainkan bagian dari menu dengan gizi seimbang untuk anak. Dengan kandungan ekstrak 28 buah dan sayur, yang kaya akan mikronutrien untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak,” jelas Ade Umiyana Savitri, Marketing Manager Bebelac, PT Nutricia Indonesia Sejahtera.