Find Us On Social Media :

Contoh Pelaksanaan Kegiatan di Masyarakat yang Dapat Mendukung Implementasi Sistem Pertahanan dan Keamanan Indonesia

By Ade S, Minggu, 3 Maret 2024 | 16:03 WIB

Ilustrasi. Berikut ini uraian contoh pelaksanaan kegiatan di masyarakat yang dapat mendukung implementasi sistem pertahanan dan keamanan negara Indonesia.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki peran dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara?

Sebab, sesuai dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta atau sishankamrata, setiap warga negara Indonesia wajib berpartisipasi dalam upaya pertahanan dan keamanan negara.

Artikel ini akan memberikan uraian contoh pelaksanaan kegiatan di masyarakat yang dapat mendukung implementasi sistem pertahanan dan keamanan negara Indonesia.

Anda akan mengetahui bagaimana komponen intelijen, pertahanan, keamanan, dan siber dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam menjaga kedaulatan dan kesejahteraan bangsa.

Sistem Pertahanan dan Keamanan Indonesia

Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia adalah sishankamrata, yaitu sistem yang didasarkan pada falsafah Undang-undang Dasar untuk mencapai ketahanan nasional Indonesia.

Sishankamrata mengandung makna bahwa pertahanan dan keamanan negara adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan rakyat.

Ada empat komponen dalam sishankamrata, yaitu intelijen, pertahanan, keamanan, dan siber.

Keempat komponen ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Contoh Pelaksanaan Kegiatan di Masyarakat yang Dapat Mendukung Implementasi Sistem Pertahanan dan Keamanan Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh pelaksanaan kegiatan di masyarakat yang dapat mendukung implementasi sistem pertahanan dan keamanan Indonesia:

Baca Juga: Contoh Pelaksanaan Program di Sekolah yang dapat Mendukung Implementasi Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia