Find Us On Social Media :

Kiat untuk Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

By Birgitta Ajeng, Selasa, 9 September 2014 | 13:00 WIB

Kiat untuk Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

Intisari-Online.com - Secara umum, sebenarnya kematangan kognisi akan terbentuk secara tidak langsung jika anak belajar di taman kanak-kanak. Untuk meningkatkannya, orangtua perlu membantu anak mengasah kemampuan kognitif. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua di rumah untuk mengasah kemampuan kognitif anak.

1. Agar anak mampu membedakan bentuk

Ajarkan bentuk-bentuk dasar geometri dasar (lingkaran, segitiga, segi empat, persegi panjang, oval) dalam berbagai ukuran dan warna. Minta anak untuk memasangkan bentuk yang sama berdasarkan ukuran dan warna tersebut.

Variasinya dapat diberikan dalam bentuk lain berupa benda-benda yang ada di sekitarnya atau melalui gambar-gambar. Misalnya, “Budi, coba cari mobil-mobilan yang sama warnanya ya!” atau “Budi, coba cari di gambar ini mana saja benda-benda yang bentuknya bulat seperti bola!”

2. Agar anak mengerti konsep ruang dan waktu

Ajarkan konsep ruang (kanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang, di dalam, dan di luar) serta konsep waktu (tanggal, jam, besok, kemarin, lusa, seminggu, sebulan, setahun, dan nama-nama hari) melalui permainan, senam irama, atau aktivitas sehari-hari.

Saat mengajarkan kanan-kiri, sebaiknya tidak menggunakan istilah yang dapat membingungkan anak seperti tangan bagus untuk menunjukkan tangan kanan atau tangan jelek untuk tangan kiri.

3. Agar anak mengerti konsep besar, jumlah, dan perbandingan

Minta anak untuk membandingkan konsep besar-kecil, banyak-sedikit, mengenal bilangan (menghitung 1,2,3, dan seterusnya), urutan (kesatu, kedua, dan seterusnya), konsep paling (paling besar, paling banyak, dan seterusnya), serta perbandingan lainnya (tinggi-rendah, panjang pendek, cepat-lambat, bagus-jelek, keras-lunak, kasar-halus, dan lain-lain).

Aktivitas belajar dapat dilakukan melalui permainan dengan menggunakan media mainan, gambar, atau benda-benda yang ada di sekitarnya.

4. Agar anak memiliki kemampuan mengingat

Kemampuan mengingat dapat dilatih melalui aktivitas menghapal lagu atau nyanyian yang sederhana, mengingat nama teman-teman, mengingat nama benda yang ada di sekelilingnya, menceritakan kembali isi buku yang dibacanya sendiri atau yang dibacakan oleh orang lain, atau menceritakan kembali kejadian sehari-hari yang telah dialaminya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua di rumah untuk mengasah kemampuan kognitif anak. Semoga bermanfaat.