Find Us On Social Media :

3 Cara Melakukan Pendekatan pada Setiap Tahap Kehidupan Anak

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 20 September 2014 | 18:00 WIB

3 Cara Melakukan Pendekatan pada Setiap Tahap Kehidupan Anak

Intisari-Online.com - Tidak ada cara yang benar atau salah dalam mengasuh anak Anda. Meskipun demikian, pedoman berikut, seperti yang ditulis di dalam buku The Secret of Happy Children: 100 Cara Agar Anak Bahagia, dapat membantu Anda berpikir tentang cara melakukan pendekatan pada setiap tahap kehidupan anak Anda.

1. Berperan seperti seorang guru

Pada tahun-tahun awal anak Anda, hingga pada usia kira-kira delapan tahun, peran Anda mirip dengan seorang guru. Selama masa ini anak Anda belajar tentang hal yang benar dan hal yang salah, cara kerja sesuatu serta hal yang dapat atau tak dapat mereka perbuat.

2. Berperan seperti seorang coach

Pada tahap selanjutnya, hingga menginjak masa remaja, peran Anda akan bergeser menjadi seorang coach atau seorang pemandu. Sesering mungkin cobalah untuk membantu anak Anda menimbang seluruh pilihan yang ada, mempertimbangkan tentang konsekuensi pilihan yang berbeda hingga kemudian mengambil keputusan sendiri.

3. Berperan seperti seorang mentor

Akhirnya, saat anak Anda bergerak dari masa remaja menuju masa dewasa maka peran Anda berubah menjadi seorang mentor. Anda dituntut untuk berbagi pengalaman tentang cara-cara yang berhasil dan cara-cara yang tidak akan membawa keberhasilan bagi Anda di masa lalu. pengalaman tersebut berguna untuk membantu anak Anda menjatuhkan keputusan sendiri.

Tentu saja tahapan-tahapan ini tidak harus dipandang berbeda atau terpisah, tetapi hendaknya dianggap sebagai pendekatan yang dapat dipadukan sesuai kebutuhan. Dengan berpikir demikian akan membantu peranan Anda dan membantu anak Anda berkembang dan menjadi diri mereka sendiri.

Nah, itu tadi cara melakukan pendekatan pada setiap tahap kehidupan anak. Semoga bermanfaat.