Find Us On Social Media :

Mengapa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dianggap Sebagai Momen Penting dalam Sejarah Bangsa Indonesia?

By Ade S, Selasa, 20 Februari 2024 | 07:03 WIB

Foto karya Frans Mendur yang mengabadikan Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Cikini, Jakarta. Artikel ini menjelaskan mengapa proklamasi kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia dari berbagai aspek.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu apa yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945? Ya, pada hari itu, Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajah.

Namun, tahukah Anda mengapa proklamasi kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia?

Apa saja dampak dan makna proklamasi bagi Indonesia? Bagaimana perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan sesudah proklamasi?

Untuk mengetahuinya, kita akan mengulasnya dari sudut pandang politik, sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan, seperti dilansir dari kemdikbud.go.id berikut ini:

* Politik

Salah satu dampak proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Indonesia memiliki kedaulatan rakyat, yaitu pengakuan bahwa pemerintahan Indonesia adalah kekuasaan tertinggi dan merdeka dari segala bentuk penjajahan.

Ini adalah cita-cita yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia sejak zaman penjajahan.

Dengan proklamasi, Indonesia dapat menentukan nasibnya sendiri tanpa campur tangan asing.

* Sosial

Proklamasi kemerdekaan Indonesia juga membawa perubahan sosial bagi bangsa Indonesia.

Tidak ada lagi diskriminasi rasial yang dilakukan oleh penjajah terhadap rakyat Indonesia.

Baca Juga: Peristiwa Heroik di Yogyakarta Dalam Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia