Find Us On Social Media :

Kumpulan 20 Ucapan Belasungkawa Muslim yang Penuh Empati dan Bisa Digunakan Siapa Saja

By Afif Khoirul M, Sabtu, 17 Februari 2024 | 12:15 WIB

Ilustrasi - Kumpulan ucapan selamat berbelasungkawa muslim.

 
Intisari-online.com - Kehilangan orang yang kita cintai adalah salah satu ujian terberat dalam hidup.
 
Apalagi jika orang tersebut adalah keluarga, sahabat, atau kerabat dekat kita. Rasanya hati ini terasa hampa dan sedih yang tak terkira.
 
Berikut ini ada kumpulan ucapan belasungkawa muslim yang penuh dengan rasa empati dan bisa diucapkan kepada siapa saja.Karena, sebagai seorang muslim, kita harus percaya bahwa semua yang terjadi adalah ketentuan Allah SWT.
 
Kita harus bersabar dan ikhlas menerima takdir-Nya.
 
Kita juga harus berdoa agar orang yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.Salah satu cara untuk menunjukkan rasa simpati dan dukungan kita kepada keluarga yang ditinggalkan adalah dengan memberikan ucapan belasungkawa.
 
Ucapan belasungkawa adalah ungkapan rasa duka cita yang disampaikan kepada orang yang berduka.Ucapan belasungkawa dalam Islam biasanya berisi doa-doa yang baik untuk orang yang meninggal dan keluarga yang ditinggalkan.
 
Ucapan belasungkawa juga bisa menjadi penghibur dan penyemangat bagi orang yang berduka agar tetap kuat dan tabah.Berikut adalah kumpulan 20 ucapan belasungkawa dalam Islam yang penuh empati dan bisa digunakan siapa saja:
 
1. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT menempatkan di tempat terbaik dan orang di sekitar diberikan kekuatan untuk melewati musibah ini.
2. Innalillahi wainnalillahi rojiun, turut berduka cita. Semoga beliau ditempatkan di Jannah, amin.
 
3. Innalillahi wainnalillahi rojiun, saya bersaksi ibumu adalah orang yang baik. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik.
 
4. Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan menerangi dengan berkah-Nya.
 
5. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT menerangi kuburnya dan keluarga yang ditinggal mendapat ketabahan.
 
6. Allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha (jika yang meninggal wanita). Tetaplah kuat atas kepergiannya. Jangan bersedih karena, dia sudah mendapat tempat terbaik.
 
7. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (jika yang meninggal pria). Ya Allah, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kuburnya. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu.
 
8. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kamu harus kuat. Saat ini teruslah panjatkan doa untuknya agar bisa menjadi penerang di alam kubur.
 
9. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian, maka dari itu bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini.
 
10. Sesungguhnya ia adalah milik Allah SWT. Putramu adalah anak yang baik dan berbakti. Semoga dia husnul khotimah.
 
11. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga dia husnul khotimah. Kirim selalu doa untuknya.
 
Baca Juga: 55 Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri yang Aesthetic dan Singkat

12. Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Turut berduka cita, semoga Allah SWT memberikanmu kesabaran.

 
13. Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik untuk Almarhum dan kamu selalu diberi ketabahan.
 
14. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah SWT menerangi kuburnya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan.
 
15. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga beliau husnul khotimah.
 
16. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya.
 
17. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT memberinya puncak tertinggi Jannah dan mengampuni dosa-dosanya. My sincere condolence.
 
18. Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya.
 
19. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT memberikanmu kesabaran di masa sulit ini dan memberimu kekuatan untuk menanggung kesedihan ini. Aku berdoa agar keluarga yang ditinggalkan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.
 
20. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (Jika yang meninggal pria). Semua akan indah pada waktunya, jadi tetaplah kuat atas kepergian ayahmu. Dia pasti akan sedih jika melihat kamu terus-menerus menangis.Demikianlah kumpulan 20 ucapan belasungkawa dalam Islam yang penuh empati dan bisa digunakan siapa saja.
 
Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Amin.