Find Us On Social Media :

Rahasia Kembang Tahu Koh Aseng Ada Di Kedelai

By Agus Surono, Rabu, 19 Maret 2014 | 08:00 WIB

Rahasia Kembang Tahu Koh Aseng Ada Di Kedelai

Intisari-Online.com - Ingin merasakan khasiat kedelai dalam jenis makanan selain tahu dan tempe? Kembang tahu jawabannya. Lebih spesifik lagi, Kembang Tahu Koh Aseng di Margonda. Mengapa harus Koh Aseng?

Meski kedainya sederhana, namun selepas pukul 21.00 sekitar 500 porsi kembang tahu di Kembang Tahu Koh Aseng ini ludes terjual. Padahal Aseng membuka kedai sederhananya mulai pukul 17.00. Berarti rata-rata sejam laku 125 porsi. Atau satu menit laku lebih dari dua porsi. Itu kalau dirata-ratakan.

Ada tiga menu kembang tahu yang ditawarkan Aseng, lelaki 52 tahun asal Pontianak, Kalimantan Barat ini. Kembang tahu original, kembang tahu kacang, dan kembang tahu kacang keju. Yang menjadi favorit pelanggan adalah kembang tahu kacang.

Bicara makanan memang jangan tertipu oleh penampilan. Soalnya, penampilan bisa saja sama, namun rasa berbeda. Itu yang terjadi pada kembang tahu racikan Aseng ini. Di balik setumpuk lapisan putih kembang tahu yang berendam dalam kuah jahe yang panas tersembunyi kenikmatan yang luar biasa.

Kuah jahenya berwarna hitam namun tidak pahit. Sekalipun aroma jahenya halus, toh kita masih bisa merasakan getir pedas dan wangi khas rempah. Yang bikin sedap adalah taburan gula aren pasir yang tidak langsung mencair. Hingga suapan terakhir gula ini masih bisa kita rasakan melelh di lidah.

Makin istimewa dengan adanya rajangan kacang dalam jumlah yang cukup banyak. Apalagi rasa kacangnya gurih dan tanpa minyak karena disangrai.

Sementara kembang tahunya wangi dan lembut. Meski seratnya sangat tipis, kembang tahu tidak gampang hancur. Sebagai penutup, nikmati segelas susu kedelai sari kacang hijau.

Menurut Aseng, kunci kelezatan kembang tahunya berasal dari bahan dan cara membuatnya. Misalnya dalam memilih jahe, Aseng memilih yang tua. Kuah yang sedap dihasilkan dari campuran sedikit jahe merah yang dibakar, lalu ditumbuk. Sedangkan bahan kembang tahunya Aseng memilih kedelai impor dari Amerika Serikat yang kualitas pertama.

Cara memasak kembang tahu juga masih manual. Untuk menyaring kedelai yang telah digiling Aseng masih menggunaklan tangan.

Satu porsi kembang tahu di kedai ini dihargai Rp6.000; untuk kembang tahu kacang Rp7.000; dan kembang tahu kacang keju Rp15.000. Jika dibungkus tambah Rp3.000 untuk kemasan. (Tabloid Kontan/Surtan Siahaan)

Kembang Tahu Koh AsengJln. Margonda Raya, Gg. KoberDepokKoordinat GPS: S6o36,0937' - E106o83,3574'