Find Us On Social Media :

Sate Maranggi Cibungur Tak Terlindas Cipularang

By Agus Surono, Selasa, 29 April 2014 | 09:30 WIB

Sate Maranggi Cibungur Tak Terlindas Cipularang

Intisari-Online.com - Tol Cipularang yang menghubungkan Cikampek - Padalarang diperkirakan akan mematikan banyak usaha di jalur Jakarta - Bandung via Purwakarta. Salah satunya usaha kuliner. Namun, datanglah ke Sate Maranggi Cibungur, yang tak jauh dari ujung pintu tol Cikampek. Pusat jajan di pinggir jalan lintas Bandung via Purwakarta ini tak pernah sepi.

Sate Maranggi Cibungur tak melulu jualan sate sekarang. Namun banyak yang mencari sate saat ke sini. Mereka rela datang dari luar Purwakarta untuk menikmati sate maranggi. Sebenarnya, tampilan sate ini tak berbeda dengan sate pada umumnya. Akan tetapi, setelah gigitan pertama baru terasa ada yang khas dari sate maranggi. Dagingnya terasa manis seperti dendeng dengan aroma rempah yang khas, tapi tetap empuk.

Ya itulah kesan yang didapat ketika menikmati sajian Sate Maranggi Cibungur. Sepuluh tusuk sate sapi disajikan bersama sambal tomat yang pedasnya nonjok. Tanpa bumbu kecap ataupun kacang, sate maranggi ini sudah terasa nikmat. Bagi yang ingin mengurangi rasa pedas, ada kecap.

Selain daging sapi, pilihan daging kambing pun tersedia. Satu porsi sate maranggi sapi ini perlu ditebus seharga Rp30.000/10 tusuk, dengan nasi pulen berbalut daun pisang yang dihargai Rp5.000/porsi.

Yang tak menyukai sate, ada pilihan lain seperti sop sapi/kambing, soto, pepes ikan/ati-ampela, dan ikan bakar. Sop sapinya gurih dan segar, bisa menjadi pelengkap rasa manis yang muncul dari sate marangginya. Pepesnya juga boleh dicoba.

Sebagai teman makan, rasakan kesegaran es kelapa mudanya. Malah bisa dibilang es kelapa muda dan sate maranggi itu pasangan yang tak terpisahkan. "Daging" kelapa mudanya memang tebal-tebal tapi masih lembut, disajikan di dalam gelas kaleng yang berembun. Harganya Rp13.000.

Di akhir pekan puluhan bangku panjang yang bisa memuat ratusan orang nyaris penuh. Meski begitu, pesanan cepat diantar. Berjualan di pinggir Jln. Raya Cibungur Purwakarta sejak tahun 1990, usaha ini menjadi bukti bahwa tak layu walau jalan tol Cipularang berdiri. (banyumurti.net)

Sate Maranggi CIBUNGURJln. Raya Cibungur - PurwakartaTelp: 0264 351077