Find Us On Social Media :

Ayam Goreng Warung Doyong Bikin Lidah Bergoyang

By Agus Surono, Kamis, 1 Mei 2014 | 12:00 WIB

Ayam Goreng Warung Doyong Bikin Lidah Bergoyang

Intisari-Online.com - Bogor memiliki warung dengan menu jualannya ayam goreng yang enak. Namanya Warung Doyong. Jam bukanya unik, dari pagi (pukul 06.00) sampai sore. Sorenya tak tentu karena kalau dagangannya sudah habis pukul 14.00, ya tutup jam segitu. 

Warung Doyong milik Acang Susanto ini memang sederhana. Hanya ada satu ruangan besar yang menampung semua aktivitas warung: dapur, etalase makanan, dan meja makan. Jelas aroma makanan dari penggorengan leluasa berkeliaran dari satu meja ke meja makan lainnya.

Tak ada buku menu di warung ini. Begitu masuk, silakan menuju ke baskom tempat menaruh potongan ayam. Ada juga baskom lain berisi kepala, ceker, hati, ampela, ayam, serta tahu dan tempe. Tinggal pilih saja mana yang kita suka.

Selesai itu, tunggu di meja makan. Tak lama berselang sepotong ayam goreng lengkap dengan sepiring nasi, sambal, dan lalapan akan terhidang di atas meja. Plus bumbu tambahan yang berisi rempah dengan dominasi kunyit yang digoreng kering.

Rasa ayam goreng di sini gurih sampai ke tulang. Dagingnya superempuk, sangat lembut saat digigit. Meski begitu tetap ada sensasi serat daging ayam kampung jago saat di mulut. Bumbu kuning mampu meresap enak ke dalam daging ayam karena penggunaan kunyit yang berani. Gurih ketumbar juga terasa hingga lapisan dalam daging ayam.

Dengan dukungan sambal khas Sunda "nano-nano" - pedas, asam, manis - kenikmatan menyantap ayam goreng ini semakin terdongkrak. Rasa pedasnya muncul belakangan.

Rasa kenikmatan ayam goreng Warung Doyong ini terlatak pada bumbu kuningnya. Ada sekitar 12 rempah berpadu, antara lain kunyit, serai, lengkuas, konje, ketumbar, kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Setelah dihaluskan, bumbu ini diungkep bersama ayam selama 20 menit dengan api ukuran sedang. Setelah itu ayam dan bumbu kuning dipisahkan.

Nah, bumbu kuning yang terpisah itulah yang kemudian digoreng kering dan disajikan sebagai pendamping ayam goreng. Teknik menggoreng dengan api panas yang menyembur keras, wajan berbahan tebal, dan minyak berlimpah tentu ikut berperan dalam menghasilkan ayam nan lezat ini.

Selain ayam goreng, Warung Doyong ini juga menyajikan menu aneka pepes, seperti pepes jamur, pepes ikan, dan pepes tahu. Sungguh perpaduan yang pas antara ayam goreng dan pepes.

Warung ini persis di mulut Gang Aut. Warga sekitar menyebutnya pertigaan Pahlawan. Jika kita berangkat dari Batutulis, posisinya ada di sebelah kanan jalan.

Warung DoyongJln. Pahlawan No 143A BogorTlp. 0251-7123307Koordinat GPS: S6o61.2224' - E106o80.2183'