Find Us On Social Media :

Siomay di Baso Tahu Tulen Bandung Emang Nampol!

By Agus Surono, Sabtu, 10 Mei 2014 | 12:00 WIB

Siomay di Baso Tahu Tulen Bandung Emang Nampol!

Intisari-Online.com - Jika kita bertanya bakso tahu mana yang oke di Bandung, banyak yang akan menunjuk ke Bakso Tahu Tulen Situ Indah. Ada lima gerai di Bandung. Yang pertama di Situ Indah Pagarsih Barat. Tempat ini sekarang dijadikan pusat produksi dan melayani penjualan untuk dibawa pulang.

Kedai kedua ada di Jalan Dr. Setiabudi 107. Bangunannya terbilang kecil, hanya mampu menampung 20 pengunjung. Jadi banyak yang membeli untuk dibawa pulang. Dijadikan sebagai oleh-oleh. Kiki Kevin, pemilik kedai, mengaku bahwa bakso tahunya pernah dibawa pelanggan ke Belanda, Singapura, Australia, dan Amerika Serikat.

Kiki menyatakan bahwa siomay buatannya bisa tahan dua hari dan seminggu kalau ditaruh di dalam lemari pendingin.

Bagi yang makan di tempat, begitu pesan tak seberapa lama pesanan terhidang. Jika pesan komplet maka di piring kita terhidang siomay, telur, tahu, kentang, pare, dan kol yang masih utuh. Tak lupa jeruk nipis yang dibelah dua. Berbeda dengan penyajian siomay kebanyakan, bumbu atau kuah kacang Bakso Tahu Tulen tidak disiram ke atas bakso tahu, melainkan ditaruh di sisi piring.

Begitu bakso tahunya digigit, ikan tengirinya nampol. Telur, tahu, pare, kentang, bahkan kol enggak polos, tapi berisi bakso tahu. Bumbu kacangnya kental dengan gerusan kacang agak kasar dan rasa pedasnya cukup menonjok.

Menurut Kiki, enggak ada bumbu rahasia di bakso tahunya. Yang jelas ia menjaga kualitas bahan bakunya. Komposisi yang dia pakai adalah 70 persen ikan tengiri dan sisanya tepung terigu dan bumbu seperti merica, garam, bawang, dan gula.

Ikan tengiri yang dipakai Kiki berkualitas super dengan maksud supaya baunya tak menyengat. Untuk kacang sebagai bumbu ia menggunakan kacang tuban dan cabai merah keriting dari perkebunan di Lembang. (Mimi Silvia/Tabloid Kontan)

Bakso Tahu TulenJln. Dr. Setiabudi no 107, BandungTelp. 022-70322990Koordinat GPS: S6o87,299' - E107o59.491'