Find Us On Social Media :

65 Masakan Khas Jawa Tumplek Di RM Lesehan Dara Sederhana

By Agus Surono, Sabtu, 7 Juni 2014 | 10:00 WIB

65 Masakan Khas Jawa Tumplek Di RM Lesehan Dara Sederhana

Intisari-Online.com - Sederet panci berukuran sedang berjejer rapi di sebuah meja besar. Asap tipis mengepul dari masing-masing panci yang berisi aneka sayur khas Jawa Tengah. Ada oseng daun pepaya, sayur oyong, sayur lombok ijo, urap, sayur lodeh.

Bersebelahan dengan deretan panci tadi, puluhan jenis lauk siap memanjakan lidah pengunjung. Ada sop iga, ayam panggang, nila bakar, bebek sambal ijo, rawon sapi, hingga tahu dan tempe bacem. Semakin siang jumlah lauk terus ditambah seiring banyaknya pengunjung.

Soal tempat makan, kita bisa memilih model lesehan atau duduk di meja kursi kayu. Ada sebuah pendopo besar di belakang bangunan utama kedai ini sebagai tempat lesehan. Diiringi tembang khas Jawa yang berpadu dengan ornamen-ornamen ukiran pada tiang kayu pendopo dan lampu gantung bergaya antik, lengkap sudah untuk menerbangkan alam sadar ke kita ke wilayah "Jawa".

Namun, kedai milik Karmiati ini bukan berada di daerah Jawa Tengah. RM Lesehan Dara Sederhana itu terletak di Cibitung, Bekasi. Otomatis pelanggan warung ini adalah pekerja dari sejumlah pabrik besar di Cibitung, seperti Coca Cola dan Indofarma. Pada jam makan siang rumah makan berkapasitas 200 orang in kebanjiran tamu.

Salah satu keunggulan kedai ini memang pilihan makanan yang banyak. Jika tersaji lengkap ada 65 macam kudapan, termasuk sayur dan empat jenis sambal. Yang menjadi andalan rumah makan ini adalah ayam panggang dan garang asem.

Rasa garang asemnya memang patut diacungi jempol. Kuah segar dan pedas menjadi teman daging ayam yang empuk. Saking empuknya daging dengan mudah dilepaskan dari tulangnya. Rahasianya, sebelumnya sudah dikukus dalam waktu lama.

Menu lain yang layak dicicipi adalah ayam goreng. Tampilannya sih tak berbeda dengan ayam goreng warung makan lainnya. Khusus untuk paha bawah dapat bonus ceker ayam yang digoreng garing. Ketika dicicipi, bumbu ayam goreng terasa meresap sampai ke permukaan tulang.

Untuk sayur, RM Lesehan Dara Sederhana punya jagoan: oseng daun pepaya. Masakan jenis tumis ini tidak terasa pahit. Sedikit kuah bumbu menggenangi dasar piring ketika dituang.

Kunci kelezatan masakan Karmiati adalah pada bahan bakunya yang selalu segar. Karmiati juga hanya menggunakan ayam kampung untuk masakannya. Selain lebih enak dan gurih, daging ayam kampung lebih mudah diolah. Ketika direbus atau dikukus, lendir yang keluar dari daging ayam kampung lebih sedikit dibandingkan dengan ayam ras.

Sedangkan bahan yang didatangkan dari kampung halaman Karmiati, yakni Wonogiri, adalah tempe, tahu, dan mi.

Untuk menuju ke kedai ini, jika datang dari Jakarta lewat Tol Jakarta - Cikampek dan keluar pintu tol Cibitung. Ambil jalan lurus sampai pertigaan Jalan Teuku Umar, lalu belok kanan. Posisi kedai di kanan jalan sehingga harus berputar arah karena adanya separator jalan. (Surtan Siahaan/Tabloid Kontan)

RM Lesehan Dara SederhanaJln. Teukur Umar Cibitung BekasiTelp. 021-88368430Koordinat GPS: S6o27,1909' - E107o09,3077'