Find Us On Social Media :

Legenda Kemayoran Bernama Ketan Susu Sukrad

By Agus Surono, Kamis, 19 Juni 2014 | 20:15 WIB

Legenda Kemayoran Bernama Ketan Susu Sukrad

Intisari-Online.com - Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Jadi ketika Bandara Kemayoran masih beroperasi. Kedainya sih kecil saja. Ukuran sekitar tiga meter kali tiga meter. Di dalam kedai terdapat meja berbentuk leter L untuk menaruh bakul berisi ketan dan aneka gorengan, dengan dua bangku panjang yang cuma muat delapan orang.

Kedai Ketan Susu Kemayoran buka 24 jam sehingga tak perlu khawatir mencari waktu luang. Namun selepas pukul 21.00 kedai ini mulai ramai pembeli. Beruntung penyajiannya cepat sehingga tak perlu menunggu lama.

Begitu pesanan datang, jangan lupa untuk mencomot aneka gorengan yang tersaji di atas meja. Ada tempe goreng, pisang goreng, singkong goreng, dan ubi goreng. Untuk minuman bisa pesan teh poci atau kopi susu.

Rasa gurih langsung terasa begitu masuk ke mulut. Sementara susu kental manis yang menyelimuti butiran-butiran ketan membuat rasa ketan manis, tapi pas. Tidak enek. Jika tak suka susu bisa pesan ketan tanpa susu. Soal rasa tetap saja enak kok. La awalnya kedai ini justru menjual ketan tanpa susu.

Menurut Sudrajad, ide menambahkan susu dari pelanggan. Waktu itu sang pelanggan minta ketan ditambah susu kental manis. Ternyata banyak yang suka. Kedai ini pun menjajakan ketan susu tahun 1997.

Rahasia kelezatan Ketan Susu Kemayoran ini terletak pada proses pengolahannya. Sudrajad menjelaskan bahwa awalnya beras ketan direndam dalam air selama satu jam. Setelah itu beras ketan ditaruh dalam bakul hingga kering tak bersisa air. Baru kemudian beras ketan dimasak setengah matang lalu dikukus atau diaron.

Selesai proses tadi beras ketan dimasak kembali sampai benar-benar matang. Tak ada campuran apa pun saat memasak ketan kecuali dikasih garam. Setelah matang betul, ketan yang pulen dimasukkan ke dalam bakul agar tetap hangat waktu dihidangkan ke pembeli.

Sekali masak, kedai ini menghabiskan 15 kg beras ketan. Sehari kedai Ketan Susu Kemayoran memasak 80 - 100 kg beras ketan. Namun bukan sembarang beras ketan. Sudrajad mengatakan bahwa beras ketan yang dipakai dipasok dari Subang. (Mimi Silvia/Tabloid Kontan)

Ketan Susu KemayoranJln. Garuda Ujung Rw 08 KemayoranJakartaKoordinat GPS: S6o16,0891' - E106o84,9251'