Find Us On Social Media :

Buka Puasa dengan Kuliner Medan - Melayu di Kedai Mamak

By Agus Surono, Sabtu, 12 Juli 2014 | 12:00 WIB

Buka Puasa dengan Kuliner Medan - Melayu di Kedai Mamak

Intisari-Online.com - Berbuka di warung yang menjual makanan pedas seperti Kedai Mamak? Tidak masalah sih sebab masih ada beberapa makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Sebut saja es campur medan, teh tarik, lupis, dan pulut pisang goreng.

Untuk hidangan berat bisa mencoba roti jala dengan pilihan kari ayam maupun kambing. Ada juga lontong sayur medan, soto medan, dan sate kerang medan.

Tak hanya makanan, suasana Medan pun menghias interior kedai ini. Ornamen jendela dan lampu antik yang tergantung di langit-langit semakin membuat pengunjung seperti tengah bersantap di rumah panggung Medan Deli. Kedai yang mampu menampung 35 pengunjung ini juga berkelir hijau dan kuning.

"Yang merancang adalah pelanggan saya," kata Hapid Mansur, pemilik Kedai Mamak.

Masakan yang paling banyak dipesan adalah roti jala dan lontong sayur medan. Dua kudapan ini juga jarang ditemukan di Jakarta dan sekitarnya lo. Dari segi penampilan, roti jala berupa dua lembar roti berbentuk jaring-jaring menyerupai jala dilipat dan dihidangkan di atas piring. Tak ketinggalan tergeletak potongan timun dan nanas segar di piring.

Sedang kari ditempatkan terpisah dalam sebuah cangkur sup porselen bergagang. Kuahnya berwarna merah dan kental.

Sebelum menyantap, sebaiknya tuangkan terlebih dahulu kari ke piring. Lalu iris roti jalan dan oleskan pada kuah kari. Begitu masuk mulut, rasa kari yang kaya rempah langsung terasa. Sedikit pedas namun gurih.

Kari yang kental tadi serasi dengan roti jala yang empuk dan lembut di mulut. Kira-kira mirip dengan pancake. Jika dimakan tanpa kari, rasa roti jalanya sedikti tawar seperti nasi.

Bagian paling asyik adalah menyantap daging ayamnya. Tak butuh kerepotan untuk memisahkan daging dari tulang. Cukup menggunakan sendok. Begitu dikunyah daging ayam terasa empuk. Kuah kari pun meresap hingga ke dalam tulang.

Bagaimana dengan lontong sayur Kedai Mamak?

Tampilannya mirip lontong sayur biasa tapi lebih ramai. Selain lontong ada bihun, tempe orek, kacang goreng, potongan labu, dan campuran sayur tahu yang berisi tauco, irisan cabai ijo, serta ikan teri. Ada juga sepotong rendang sapi dan taburan serundeng.

Rasa lontong sayur medan memang seramai isinya. Lontongnya lembut saat dikunyah, rasa rendangnya juga berkualitas. Tekstur dagingnya empuk. Serasi dengan rasanya yang pedas. Belum lagi campuran sayur tahu plus teri dan tauco yang gurih.

Untuk menangkal rasa pedas, segelas es campur medan cukup ampuh. Selain adem, es campur medan yang terdiri atas cendol, kacang merah, dan tape ini juga punya rasa manis. (Tabloid Kontan/Surtan Siahaan)

Kedai MamakJln. Tebet Timur Dalam Raya No. 60BJakartaTlp. 021-32264381Koordinat GPS: S6o23,3971' - E106o85,6746'