Find Us On Social Media :

Soto Yu Gisah, Secuil Jawa di Tengah Mataram

By Agus Surono, Selasa, 15 Juli 2014 | 11:00 WIB

Soto Yu Gisah, Secuil Jawa di Tengah Mataram

Intisari-Online.com - Bosan dengan rasa "ikan" dan "pedas" kala berkunjung ke Mataram? Meski menjajal masakan lokal disarankan, namun kalau terlalu sering kadang rindu dengan masakan daerah kita. Bagi wisatawan asal Jawa yang ingin mencicipi masakan Jawa di Mataram, tak ada salahnya mencoba Soto Yu Gisah.

Warung ini terletak di seberang Bandara Selaparang, tepatnya di Jln. Adisucipto No. 10, Mataram. Suasana "Jawa" langsung terlihat di warung ini. Ketika melangkahkan kaki masuk, kita akan disambut dengan jejeran pendopo khas Jawa Tengah. Di sinilah tempat kita menyantap makanan sambil lesehan.

Menu utama di Soto Yu Gisah ini tentunya adalah Nasi Soto Ayam. Sepiring nasi soto dengan taburan daging ayam kampung akan segera tersaji di hadapan kita tak lama setelah kita memesannya. Mengingatkan kita akan Soto Semarang atau Soto Kudus, akan tetapi gurihnya ayam kampung khas Mataram ini memberikan cita rasa yang berbeda. Terasa lebih gurih.

Sebagai pendampingnya, sepotong ayam goreng sangatlah cocok. Seperti ayam taliwang, ayam goreng ini juga berukuran "mungil", diambil dari ayam yang masih berusia muda. Selain itu, gorengan tempe yang dibungkus tepung juga menjadi pilihan menarik agar rasa sotonya lebih nendang.

Sebagai teman makan, segelas Es Jeruk Nipis tampaknya merupakan penutup yang pas. Sedikit rasa asam yang ditimpali dengan manisnya gula dan dinginnya es batu.

Warung ini bisa dijadikan pengucap selamat tinggal terhadap masakan Mataram. (banyumurti.net)

Soto Yu GisahJln. Adisucipto No. 10 Mataram