Find Us On Social Media :

100 Tahun Stasiun Tanjungpriok, Tetap Megah dan Kokoh

By Agus Surono, Senin, 3 November 2014 | 18:30 WIB

100 Tahun Stasiun Tanjungpriok, Tetap Megah dan Kokoh

Intisari-Online.com  - Tahun ini Stasiun Tanjungpriok berusia 100 tahun. Sepanjang perjalanan seabad itu, stasiun ini sudah menjadi saksi bisu pasang surut Pelabuhan Tanjungpriok sebagai pintung gerbang Kota Batavia.

Stasiun Tanjungpriok dibangun di masa Gubernur Jenderal AFW Idenburg pada tahun 1914. Stasiun ini dibangun seiring dengan berkembangnya Pelabuhan Tanjungpriok yang menggantikan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Stasiun Tanjungpriok dibangun untuk mengakomodasi wisatawan asal Eropa. Oleh karena itu, CW Koch, insinyur utama dari Staats Spoorwegen (perusahaan kereta api Hindia Belanda), melengkapi Stasiun Tanjungpriok dengan hotel, restoran, dan ruang dansa.

Kamar-kamar penginapan masih terlihat di lantai dua stasiun ini. Sementara ruang dansa menjadi ruang lobi utama. Dapur dua lantai dengan lift khusus untuk makanan, meja bar, dan gudang logistik masih utuh seperti dulu. ”Kecuali bagian atap yang sebagian telah diganti, termasuk keramik lantai peron dan ruang-ruang kantor, kondisi bangunan umumnya masih seperti dulu,” kata Kepala Stasiun Tanjung Priok M Ridwan Subarkah.

Stasiun Tanjungpriok memiliki delapan jalur, enam jalur di antaranya berada di peron. Bangunannya bertumpu pada ratusan tiang pancang yang memiliki atap penutup beton dan seng tebal. Atap peron berupa struktur baja melengkung yang menaungi seluruh jalur peron.

Selain struktur baja, ornamen-ornamen stasiun ini terbilang megah. Ada kaca patri, ornamen profil keramik yang menghias dinding stasiun, kolom besar pada beranda utama, dan cahaya dari kaca-kaca besar di ruang lobi menambah kesan megah itu.

Stasiun ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan menjadi salah satu obyek wisata sejarah. Oleh karena itu, pemugaran dan perbaikannya mempertahankan bentuk aslinya, termasuk bentuk gedung pengatur perjalanan kereta api atau rumah sinyal di ujung peron.

Stasiun Tanjungpriok diresmikan penggunaannya saat ulang tahun ke-50 Staats Spoorwegen (SS), 6 April 1925. Waktunya bersamaan dengan pembukaan jalur Tanjung Priuk-Beos (Jakarta Kota) yang dilayani kereta berlokomotif listrik seri ESS 3200 dan jaringan listrik aliran atas.

Jika berkunjung ke stasiun ini, sempatkan untuk melihat ruang bawah tanah, tepat di bawah restoran. Ada tangga memutar yang terhubung ke bawah tanah dan lantai dua. Ruang ini bercabang, remang-remang, dan sebagian tergenang.

”Selain gudang logistik, konon ada lorong yang terhubung ke lokasi lain. Namun, sejak lama telah ditutup untuk umum,” kata Suparno (59), pegawai senior PT KAI yang bertugas di Stasiun Tanjungpriok sejak 1980.

Menurut Suparno, kondisi stasiun terus berubah mengikuti kebutuhan. Dulu pernah dipakai sebagai penghubung sentra rempah-rempah di Pulau Jawa ke Eropa melalui pelabuhan, kini segera berganti dengan kereta peti kemas yang mengangkut hasil industri, bahan pokok, dan produk pabrikan lain. (Mukhamad Kurniawan/Kompas)