Find Us On Social Media :

6 Jembatan Unik dan Indah (2)

By Agus Surono, Rabu, 19 November 2014 | 11:00 WIB

6 Jembatan Unik dan Indah (2)

Intisari-Online.com -  Jembatan merupakan sarana penghubung antara dua wilayah yang terpisahkan oleh jurang, sungai, atau rel kereta api. Sejarah jembatan sudah lama, setidaknya semenjak Romawi Kuno. Seiring peradaban, teknologi jembatan terus berkembang.

Namun dalam beberapa hal jembatan tidak sekadar alat penghubung. Ia juga menjadi penanda zaman, pengejawantahan budaya manusia dalam mengakrabi alam. Banyak jembatan yang menjadi monumental dan menjadi objek wisata, seperti jembatan di Sydney.

Berikut ini jembatan-jembatan yang indah dan unik yang mungkin bisa Anda sambangi kapan-kapan.

3. Keajaiban alamiah di India

Jembatan ternyata tak indah karena terbentuk dari batu bata, semen, atau bahkan kayu. Di Desa Cherrapunji di wilayah Meghalaya, India, yang dikenal sebagai daerah terbasah di dunia, sebuah jembatan dibentuk dari akar pepohonan. Suku lokal War-Khasis mulai “memintal’ akar pohon beringin menggunakan bambu sebagai pengarah suluran akar. Beberapa jembatan panjangnya bisa lebih dari 30 m dan mampu menahan 50 orang dewasa sekali jalan.

4. Jembatan “bawah tanah” di Belanda

Biasanya jembatan dibangun di atas air. Atau bahkan lebih tinggi dari permukaan tanah di ujung jembatan. Namun tidak dengan jembatan yang terendam di Fort de Roover, dekat Desa Halsteren, Belanda ini. Menyusuri jembatan ini pengunjung seperti tenggelam di sebuah parit.

(bbc.co.uk)