Find Us On Social Media :

Keliling Dunia Berbekal Rp240 Ribu Sehari?

By Agus Surono, Rabu, 19 November 2014 | 18:30 WIB

Keliling Dunia Berbekal Rp240 Ribu Sehari?

Intisari-Online.com -  Apakah keliling dunia hanya bisa dilakukan oleh miliuner dan selebriti? Kalau kata Cak Lontong, mikir ….

Adalah Torbjorn C. Pedersen (35), warga Denmark, yang mencoba mematahkan anggapan itu. Sejak 10 Oktober 2013, atau setahun silam, ia mencoba mengunjungi setiap negara tanpa menggunakan moda transportasi udara dan bertahan hanya dengan uang AS$20 (sekitar Rp240 ribu) sehari. Ia berharap bisa merampungkan niatnya itu dalam waktu empat tahun. Sampai saat ini Pedersen sudah menginjak 65 negara.

Sebelumnya sudah ada penjelajah Inggris Graham Hughes yang masuk buku rekor dunia, Guinness Book of World Records, tahun 2012 karena telah mengunjungi 201 negara dengan anggaran minimal tanpa melalui perjalanan udara. Ambisi Pederson adalah mengunjungi 203 negara, 195 di antaranya merupakan anggota PBB. Menjadi pertanyaan bagaimana ia bisa masuk ke Korea Utara atau Liberia.

Pedersen akan memaksimalkan fungsinya sebagai duta (Goodwill Ambassador) Palang Merah Denmark. Posisinya itu diharapkan membantu dia melewati daerah-daerah konflik.

Perjalanan keliling dunia itu disponsori oleh Ross Offshore dan Ross Engineering, perusahaan konsultan bidang minyak dan gas di Norwegia. Pengalaman Pedersen itu dicurahkan di blog berjudul “Once Upon a Saga.” Sampai sekarang sudah ada lebih dari 6.000 pengikut di Facebook.

Untuk menyesuaikan dengan anggaran, Pederson hanya menginap di hostel atau menumpang ke rumah orang. Juga makan di warung pinggir jalan atau malah terkadang memasak sendiri.

Sejauh ini, pengalaman mendebarkan yang ia alami adalah melintasi wilayah berbahaya di Kota Panama dan menyeberangi lautan dari Venezuela ke Trinidad da dan Tobago. “Saya menggunakan perahu kecil tanpa peralatan keselamatan yang memadai," katanya.

Anda tertarik mengikuti jejak Pedersen? Keliling dunia dengan biaya murah? (abcnews.com)