Find Us On Social Media :

5 Surga Bawah Air Indonesia: Raja Ampat (1)

By Agus Surono, Senin, 24 November 2014 | 17:00 WIB

5 Surga Bawah Air Indonesia: Raja Ampat (1)

Intisari-Online.com - Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan tentu memiliki surga bawah air yang sangat menakjubkan. Terlebih banyak potensi yang belum tergali karena selama ini - seperti yang dibilang Presiden Joko Widodo - kita memunggungi lautan.

Tak heran jika luas terumbu karang di Indonesia mencapai sekitar 60.000 km2. Dengan habitat terumbu karang warni-warni dan berbagai spesies ikan cantik, Indonesia memiliki beberapa surga bawah laut terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Indonesia pun makin masyhur di mata wisawatan mancanegara.

Dirangkum CNN Indonesia, berikut lima surga bawah laut Indonesia yang telah diakui dunia:

1. Raja AmpatSiapa tak kenal dengan Raja Ampat? Maskot surga bawah air di Papua ini sudah dikenal banyak penyelam luar dan dalam negeri. Pencinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati kerajaan bawah laut yang mengagumkan.

Raja Ampat atau 'Empat Raja' adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau indah di Papua. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool, yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Tak hanya kaya dengan terumbu karang, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat tersebut memiliki keanekaragaman hayati terumbu karang terbesar di dunia.

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska.

Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75 persen spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Tak heran jika Raja Ampat menjadi titik penyelaman yang wajib dikunjungi bagi seorang penyelam.