Find Us On Social Media :

5 Surga Bawah Air Indonesia: Bunaken (2)

By Agus Surono, Senin, 24 November 2014 | 18:00 WIB

5 Surga Bawah Air Indonesia: Bunaken (2)

Intisari-Online.com - Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan tentu memiliki surga bawah air yang sangat menakjubkan. Terlebih banyak potensi yang belum tergali karena selama ini - seperti yang dibilang Presiden Joko Widodo - kita memunggungi lautan.

Tak heran jika luas terumbu karang di Indonesia mencapai sekitar 60.000 km2. Dengan habitat terumbu karang warni-warni dan berbagai spesies ikan cantik, Indonesia memiliki beberapa surga bawah laut terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Indonesia pun makin masyhur di mata wisawatan mancanegara.

Dirangkum CNN Indonesia, berikut lima surga bawah laut Indonesia yang telah diakui dunia:

2. Bunaken

Sebelum Raja Ampat mendunia, Bunaken telah mencuri perhatian para pencinta bawah air. Berada di Teluk Manado dengan luas 8,08 km², terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia, Bunaken merupakan bagian dari pemerintahan kota Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Taman laut di sekitar Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional yang juga termasuk laut sekitar pulau Manado Tua yaitu Siladen dan Mantehage.

Menyelam di Perairan Laut Bunaken akan memanjakan mata wisatawan. Ada 13 jenis terumbu karang di taman laut ini yang didominasi oleh bebatuan laut. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Terdapat 91 jenis ikan yang ada di Taman Laut Bunaken, di antaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain.

Penyelam juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian.