Find Us On Social Media :

5 Surga Bawah Air Indonesia: Kepulauan Derawan (4)

By Agus Surono, Selasa, 25 November 2014 | 08:00 WIB

5 Surga Bawah Air Indonesia: Kepulauan Derawan (4)

Intisari-Online.com - Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan tentu memiliki surga bawah air yang sangat menakjubkan. Terlebih banyak potensi yang belum tergali karena selama ini - seperti yang dibilang Presiden Joko Widodo - kita memunggungi lautan.

Tak heran jika luas terumbu karang di Indonesia mencapai sekitar 60.000 km2. Dengan habitat terumbu karang warni-warni dan berbagai spesies ikan cantik, Indonesia memiliki beberapa surga bawah laut terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Indonesia pun makin masyhur di mata wisawatan mancanegara.

Dirangkum CNN Indonesia, berikut lima surga bawah laut Indonesia yang telah diakui dunia:

4. Kepulauan Derawan

Kehidupan bawah laut di Kepulauan Derawan sungguh luar biasa. Di surga bawah laut ini penyelam dapat bertemu kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless (tidak menyengat).

Ikan hiu di Kepulauan Derawan merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya, maka tidak mengherankan bila Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan terdiri atas 31 pulau. Yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik.

Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.