Find Us On Social Media :

5 Surga Bawah Air Indonesia: Pulau Banda (5)

By Agus Surono, Selasa, 25 November 2014 | 09:00 WIB

5 Surga Bawah Air Indonesia: Pulau Banda (5)

Intisari-Online.com - Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan tentu memiliki surga bawah air yang sangat menakjubkan. Terlebih banyak potensi yang belum tergali karena selama ini - seperti yang dibilang Presiden Joko Widodo - kita memunggungi lautan.

Tak heran jika luas terumbu karang di Indonesia mencapai sekitar 60.000 km2. Dengan habitat terumbu karang warni-warni dan berbagai spesies ikan cantik, Indonesia memiliki beberapa surga bawah laut terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Indonesia pun makin masyhur di mata wisawatan mancanegara.

Dirangkum CNN Indonesia, berikut lima surga bawah laut Indonesia yang telah diakui dunia:

5. Pulau Banda

Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata, Kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer bagi para penyelam. Baik penyelam ahli maupun pemula. Semua dapat menyelam dari laguna dangkal di antara Bandaneira dan Gunung Api hingga ke dinding vertikal di Pulau Hatta.

Ketika menjelajahi permukaan bawah laut Kepulauan Banda, penyelam akan disapa hiu, kura-kura besar, ikan napoleon wrasse, ikan kerapu raksasa, tuna, sinar mobula, cepluk redtooth, berbagai spesies ikan paus, lumba-lumba pemintal, dan kerabat dekat lobster besar, hingga ikan karang yang jinak atau ikan endemik lepu Ambon.