Find Us On Social Media :

Toko Kompak Pasar Baru: Satu-satunya yang Ber-rooflight (2)

By Agus Surono, Rabu, 3 Desember 2014 | 10:00 WIB

Toko Kompak Pasar Baru: Satu-satunya yang Ber-rooflight (2)

Intisari-Online.com - Bagian dalam Toko Kompak adalah sebuah ruangan luas yang disangga empat pilar kayu yang mulai lapuk. Ada beberapa meja, kursi, dan etalase tempat barang dagangan, sementara lantainya terbuat dari bahan marmer. "Kemungkinan marmer ini berasal dari Eropa," ujar Ki Boub.

Pada dinding bangunan terdapat hiasan ukir khas Eropa berbentuk wajah seorang perempuan. "Dulunya itu tempat meletakkan cermin," tutur Ki Boub.

Selain tempat meletakkan cermin, pada dinding juga terdapat beberapa pintu penghubung ruangan yang sudah tidak berfungsi.

"Di masa lalu ruangan ini adalah tempat berkumpul keluarga dan mengadakan acara-acara. Dan pintu penghubung itu berfungsi untuk menyatukan ruangan," ujar Ki Boub.

Gubernur Jenderal saat itu sering berkunjung ke rumah toko ini, kata Eddy Prabowo W. dalam laporan hasil penelitiannya. "Kelompok-kelompok barongsai juga diundang masuk khusus untuk menghibur para tamu," paparnya.

Pesta-pesta etnis Tionghoa memang lazim diadakan pada masa itu. Sejarawan Ong Hok Ham pada tahun 1958 menulis di Star Weekly bahwa pesta Tionghoa biasanya menjadi tontonan yang menarik. "Orang-orang dapat makan hidangan yang mewah dan baik. Apa saja yang bisa dibeli dengan uang," kata Ong Hok Ham dalam artikelnya "Tiga Macam Kebudayaan yang Mempengaruhi Cara Hidup Peranakan Tionghoa".

Acara seperti barongsai tersebut biasanya diadakan di dalam ruangan persis di bawah rooflight (ventilasi/atap yang memiliki lubang pencahayaan) dan atrium. Sementara para penontonnya akan menikmati acara dari lantai dua. "Ini adalah satu-satunya rumah toko Tiongkok di Jakarta yang memiliki rooflight dan atrium ruangan di dalamnya," papar Eddy.

Jika berjalan ke ruang belakang, terdapat sebuah kamar besar berukuran sekitar 5 x 5 meter dengan aksara Tiongkok di kedua daun pintunya. "Ini kamar pemiliknya dulu, sekarang dibuat menjadi kantor. Tulisan Tiongkok itu artinya semoga penghuni rumah diberkahi kesehatan dan kesejahteraan," kata Ki Boub.

Sebelumnya, Ki Boub melanjutkan, Toko Kompak adalah sebuah rumah besar dan perlahan berubah menjadi sebuah toko yang menjual kebutuhan rumah tangga sampai menjual pakaian seperti saat ini.

Toko Kompak dan tiga toko lain di sebelahnya (dua di kanan, satu di kiri) awalnya adalah satu kesatuan bangunan dan dimiliki oleh seorang "Mayor" Tiongkok.

Siapa "Mayor" Tiongkok itu? (Antara)