Find Us On Social Media :

Arti Tinari dalam Weton Jawa dan Perbedaannya dengan Jodoh, Topo, dan Ratu

By Afif Khoirul M, Selasa, 2 Januari 2024 | 20:20 WIB

Ilustrasi - Arti Tinari dalam hitungan weton Jawa.

Intisari-online.com - Weton adalah salah satu sistem perhitungan yang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk mengetahui nasib, jodoh, karier, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan seseorang.

Lantas apa arti Tinari dalam weton Jawa?

Weton didasarkan pada penanggalan Jawa yang terdiri dari lima hari (Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing) dan tujuh hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu).

Setiap hari memiliki nilai neptu yang berbeda-beda, dan jumlah neptu dari dua hari tersebut akan menentukan weton seseorang.

Salah satu hal yang sering dicari oleh masyarakat Jawa dalam weton adalah kecocokan jodoh.

Ada beberapa istilah yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecocokan jodoh berdasarkan weton, yaitu Tinari, Jodoh, Topo, dan Ratu.

Apa arti dari istilah-istilah tersebut dan bagaimana cara menghitungnya? Simak penjelasan berikut ini.

Tinari

Tinari artinya rumah tangga bahagia. Pedoman neptu tinari memiliki arti bahwa pasangan akan menempuh kehidupan rumah tangga yang bahagia, makmur, dan berkecukupan.

Pasangan tinari disebut memiliki kemudahan dalam mencari rezeki dan tidak akan ditimpa oleh kekurangan dalam hidupnya. Keberuntungan akan selalu berpihak pada pasangan ini.

Neptu tinari adalah 5, 13, 21, dan 29. Untuk menghitung neptu tinari, kita perlu menjumlahkan neptu dari hari kelahiran kita dan pasangan kita, baik dari lima hari maupun tujuh hari.

Jika hasil penjumlahan tersebut termasuk dalam neptu tinari, maka kita dan pasangan kita memiliki weton tinari.