Find Us On Social Media :

Pantai Ngetun, Enggak Bikin Getun

By Agus Surono, Kamis, 18 Desember 2014 | 06:00 WIB

Pantai Ngetun, Enggak Bikin Getun

Intisari-Online.com - Dalam bahasa Jawa, getun berarti kecewa. Nah, jika berhasil sampai ke Pantai Ngetun ini dijamin Anda tak akan kecewa. Jalan menuju ke sini memang masih sulit. Pantai ini memang termasuk pantai yang belum terjamah banyak orang.

Lokasi pantai ini di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Wilayah ini memang diberkahi dengan sederetan pantai-pantai cantik. Tersembunyi di antara perbukitan dan ladang penduduk.

Pantai Ngetun secara administratif berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Pantai Timang yang terkenal dengan aktivitas mencari lobster. Namun melalui jalur yang berbeda.

Akses jalan ke Pantai Ngetun memang agak sulit. Seperti yang diberitakan pasirpantai.com, ketika sudah sampai Desa Sureng, temukan dulu SDN IV Tepus yang keberadaannya agak tersembunyi di balik semak belukar. Setelah ketemu kita bisa melewati jalan yang ada di sampingnya dengan mengikuti jalan yang sudah diperkeras dengan cor-coran. Lalu kita akan menemui pertigaan kuburan keramat dan lurus saja.

Setelah itu, kita melewati jalan bebatuan yang penuh guncangan dan melewati dua pedesaan. Kita akan melewati sebuah lapangan yang ada pohon beringin besar. Beberapa turunan jalan sudah diganti dengan jalan cor semen dan hal ini sedikit membantu dalam perjalanan melewati jalan berbatu.

Hati-hati pada turunan yang curam dan berada di tepi jurang. Sebelum mencapai bibir pantai, kita dapat menjumpai sumber mata air. Sumber mata air sangat jernih dan segar tentunya. Kita dapat menikmati damainya suasana tengah hutan yang hijau dan gemercik suara air memecah sunyinya hutan. Satu kilometer dari sumber mata air ini kita akan sampai ke tujuan utama yaitu Pantai Ngetun.

Lorong pohon-pohon menjelang masuk ke tepi pantai ibarat seperti gapura selamat datang, menyejukan. Pantai Ngetun ternyata mempunyai pasir yang halus dan beberapa spot terdapat cangkang-cangkang yang terdampar terbawa ombak. Pantai ini diapit dua bukit tinggi dan di atas kedua bukit tersebut biasanya warga sekitar menggunakannya tempat untuk memancing lobster. Di sisi-sisi pantai ini terdapat banyak pohon rindang sehingga bisa kita gunakan untuk berteduh dan beristirahat.

Di pantai ini juga terdapat sebuah batu besar di tengah pasir pantai. Menurut sejarah dari penduduk, siapa pun yang menyentuh batu karang ini akan gila. Meski hanya mitos penduduk tetapi masing-masing wisatawan tidak berani untuk menyentuh batu ini.

Secara keseluruhan Pantai Ngetun merupakan pantai alami, indah, dan cocok dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai tantangan. Medan jalan yang sulit ini menjadikan banyak orang mengurungkan niat mengunjungi Pantai Ngetun ini.

O ya, selain motor harus dalam kondisi fit, jangan lupa untuk membawa bekal secukupnya.